969 WNI Telah Dievakuasi dari Sudan

Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Mensesneg Pratikno (kiri) dan Menlu Retno Marsudi (kanan) memberikan keterangan pers

Senin, 8 Mei 2023 – 14:58 WIB

VIVA Nasional – Presiden Joko Widodo mengungkapkan bahwa sebanyak 969 orang Warga Negara Indonesia di Sudan saat ini sudah berhasil dievakuasi. Dari jumlah tersebut, 936 orang diantaranya sudah dipulangkn ke tanah air.

“Yang berkaitan dengan evakuasi WNI dari Sudan, di tengah berbagai kesulitan yang ada di sana, pemerintah telah berhasil mengevakuasi WNI dari Sudan, per hari ini jumlah WNI yang telah dievakuasi sebanyak 969 orang, 936 sudah pulang,” kata Jokowi, dalam keterangan pers di di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), hari ini, Senin 8 Mei 2023.

VIVA Militer: 110 WNI dievakuasi dari Sudan dengan pesawat TNI AU

VIVA Militer: 110 WNI dievakuasi dari Sudan dengan pesawat TNI AU

Menurut Jokowi, 33 orang dari 969 WNI yang telah berhasil dievakuasi dari Sudan saat ini sudah berada di tempat yang aman. Lokasi tempat 33 orang WNI itu berada menurut Jokowi berada di luar Sudan

“33 sudah berada di lokasi yang aman di luar Sudan, ke depan, perlindungan WNI akan terus kita tingkatkan dan kita perkuat,” kata Jokowi

Seperti diberitakan sebelumnya, Konflik di Sudan kian mengkhawatirkan. PBB memprediksi bahwa lebih dari 100.000 orang telah meninggalkan Sudan sejak pertempuran sengit pecah antara dua faksi militer, pada 15 April 2023. Para pejabat PBB memperingatkan adanya malapetaka besar jika pertempuran tidak berakhir. 

Pertempuran berlanjut di ibu kota, Khartoum, antara tentara dan Pasukan Dukungan Cepat (RSF) paramiliter, meskipun gencatan senjata akan diberlakukan. Upaya diplomatik juga sedang ditingkatkan untuk mencoba dan membawa pihak yang bertikai ke meja perundingan. 

Halaman Selanjutnya

Pada hari Selasa, 2 Mei 2023, kementerian luar negeri Sudan Selatan mengatakan tentara dan RSF telah menyetujui untuk gencatan senjata tujuh hari, mulai dari 4 Mei, dan telah berjanji untuk mengirim perwakilan mereka untuk pembicaraan. 

img_title

Sumber: www.viva.co.id