Ada KUHP Baru, Hukuman Mati Ferdy Sambo Tidak Akan Terjadi

Ekspresi Ferdy Sambo Usai Vonis Hukuman Mati

Jumat, 17 Februari 2023 – 06:33 WIB

VIVA Nasional – Pengacara Brigadir J, yaitu Martin Lukas Simanjuntak menilai hukuman mati terhadap eks Kadiv Propam Polri, Irjen Ferdy Sambo tidak akan pernah terjadi. Sebab, KUHP baru yang menyebut soal hukuman mati sudah disahkan.

Adapun bunyi pasal 100 KUHP Nasional mengatur adanya masa percobaan selama 10 tahun bagi terpidana hukuman mati. Jika ia terbukti berkelakuan baik maka hukumannya bisa diganti seumur hidup.

“Sayangnya kalau untuk pidana mati kita fair aja lah ya, tidak akan pernah terjadi itu. Karena sudah ada KUHP baru,” ujar Martin dikutip dari KompasTV, Kamis 16 Februari 2023.

“Dan ingat pasal 1 ayat 2 KUHP, apabila ada peraturan perundang-undangan yang lebih menguntungkan terdakwa yang baru dibuat, maka yang digunakan adalah yang baru,” sambungnya.

Ada Proses Banding dan Kasasi

Kuasa hukum dari keluarga Brigadir J, Martin Lukas.

Kuasa hukum dari keluarga Brigadir J, Martin Lukas.

Menurutnya, jika Ferdy Sambo tidak berkelakuan baik pada saat KUHP baru akan berlaku pada 2026 mendatang, Ferdy Sambo bakal dihukum mati.

Halaman Selanjutnya

“Baru itu bisa akan dilakukan eksekusi itu, tapi kita coba realistis aja lah. Karena prosesi banding, kasasi dan lainnya itu bisa menunda,” kata Martin.

img_title

Sumber: www.viva.co.id