Badan Geologi Turun Tangan Selidiki Semburan Api di Tol Cipali, Ini Hasilnya

Semburan api yang terjadi di Rest Area KM 86 B Tol Cipali saerah Kecamatan Cipeundeuy, Kabupaten Subang, Jawa Barat, belum padam hingga Kamis, 27 April 2023.

Kamis, 27 April 2023 – 19:49 WIB

VIVA Nasional – Semburan api yang terjadi di Rest Area KM 86 B Tol Cipali daerah Kecamatan Cipeundeuy, Kabupaten Subang, Jawa Barat, belum padam hingga Kamis, 27 April 2023. Semburan api muncul usai adanya pekerjaan penggalian sumur air bersih di tempat tersebut.

Menindaklanjuti laporan Dinas ESDM Provinsi Jawa Barat pada 26 April 2023, Badan Geologi mengirim tim tanggap darurat untuk melakukan penyelidikan. Dari hasil pengamatan lapangan dijumpai adanya semburan gas yang terbakar sehingga menghasilkan kobaran api mencapai tinggi sekitar 12 meter.

Akibat kobaran api tersebut maka tim mengalami kesulitan dalam pengambilan sampel gas untuk pengujian laboratorium. Menurut informasi yang dihimpun dari Kepolisian, semburan gas tersebut berasal dari sumur bor artesis yang digunakan sebagai sumur air tanah.

Semburan Api di Rest Area KM 86 Tol Cipali

Semburan Api di Rest Area KM 86 Tol Cipali

Berdasarkan penampang seismik yang melintasi lokasi sumur, dapat diketahui kondisi bawah permukan di lokasi tersebut. Sumur berada di puncak antiklin yang cukup besar dan ditutupi oleh lapisan alluvial volkanik yang cukup tipis sekitar 200 meter.

“Karakteristik puncak antiklin merupakan zona lemah dan umumnya mengalami peretakan maupun perekahan sehingga memungkinkan gas biogenik maupun termogenik dari formasi di bawahnya (Formasi Cisubuh) untuk dapat menyusup keluar,” ujar Penyelidik Bumi Badan Geologi, Iwan Sukma, dalam keterangannya, Kamis.

Halaman Selanjutnya

Dari karakter seismik dapat dilihat bahwa Formasi Cisubuh dan formasi di bawahnya memiliki zona-zona bright spot yang berpotensi mengandung gas yang memiliki tekanan yang dapat berpotensi menyemburkan gas apabila kestabilan batuan penutupnya (endapan kuarter dan vulkanik) terganggu kesetimbangannya, baik oleh faktor alami maupun aktivitas manusia.

img_title

Sumber: www.viva.co.id