Bentrok di PT GNI Morowali Utara Dipicu Ajakan Mogok Kerja

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

Senin, 16 Januari 2023 – 17:59 WIB

VIVA Nasional – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkap pemicu kerusuhan antarkaryawan di PT. Gunbuster Nickel Industry (GNI), Morowali Utara, Sulawesi Tengah, karena adanya ajakan mogok kerja pada Sabtu, 14 Januari 2023. Akibatnya, ada dua orang meninggal dunia dalam bentrokan tersebut yakni satu orang warga negara asing (WNA) dan satu orang lagi WNI.

“Bentrokan yang terjadi di Perusahaan Smelter GNI ini dipicu karena adanya provokasi yang muncul karena ada ajakan mogok kerja dan ada beberapa peristiwa masalah industrial yang saat itu sedang dirundingkan,” kata Sigit di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta pada Senin, 16 Januari 2023.

Kemudian, kata Sigit, muncul unggahan viral seolah-olah terjadi pemukulan oleh tenaga kerja asing (TKA) terhadap tenaga kerja Indonesia (TKI). Sehingga, hal ini yang diduga menjadi pemicu kerusuhan di Smelter GNI, Morowali Utara tersebut.

“Sehingga inilah yang kemudian memunculkan pengaruh provokasi dan mengakibatkan terjadinya penyerangan,” ujarnya.

Saat ini, Sigit mengatakan personel keamanan sudah dikerahkan untuk mengamankan sekitar lokasi kejadian. “Personel keamanan baik TNI dan Polri telah diturunkan kurang lebih 548 orang, dan akan kita tambah lagi 2 SKK Brimob dari pusat,” ungkapnya.

Situasi saat bentrok pekerja lokal dan pekerja asing di Tambang Morowali, Sulteng.

Terpisah, Kepala Bidang Humas Polda Sulawesi Tengah, Kombes Didik Supranoto memastikan situasi sudah mulai kondusif pasca kerusuhan yang terjadi di Morowali Utara, Palu, Sulawesi Tengah oleh Serikat Pekerja Nasional (SPN) PT. Gunbuster Nickel Industry (GNI) pada Sabtu, 14 Januari 2023.

Halaman Selanjutnya

“Alhamdulillah sudah kondusif,” kata Didik melalui keterangannya pada Senin, 16 Januari 2023.

Sumber: www.viva.co.id

Exit mobile version