Bentrok Pekerja di Pabrik Smelter di Morowali Utara, 2 Orang Tewas

Situasi di lokasi tambang Morowali Utara yang terjadi bentrok antar pekerja.

Minggu, 15 Januari 2023 – 22:29 WIB

VIVA Nasional – Bentrok antar pekerja tambang terjadi di Morowali Utara, Sulawesi Tengah (Sulteng). Akibatnya, dua orang dilaporkan tewas dan sebanyak 9 orang lainnya mengalami luka-luka.

Menurut informasi, bentrokan maut itu terjadi pada Sabtu, 14 Januari 2023 malam hingga Minggu, 15 Januari 2023 dinihari. Bentrok terjadi diduga antara pekerja dari Indonesia dengan tenaga kerja asing (TKA) asal China di PT GNI Morowali Utara.

Dalam video amatir yang beredar, terlihat sekelompok pekerja asal China menyeret pipa besi mengejar pekerja lokal dan menghancurkan sejumlah kendaraan.

Kapolres Morowali Utara AKBP Imam Wijayanto menuturkan, pihaknya telah membubarkan aksi bentrokan itu dan mengamankan 70 orang pekerja tambang yang diduga terlibat dalam bentrokan tersebut.

Kerusuhan di PT GNI

Kerusuhan di PT GNI

Photo :

  • Tangkapan Layar: Instagram

“Ada sekitar 70 orang diamankan di Mapolres Morut. Mereka dari pekerja WNA dan WNI. Kedua kubu yang saling bentrok,” kata Imam saat dimintai konfirmasi, Minggu, 15 Januari 2023.

Dia menyebutkan bahwa total korban dalam insiden tersebut sebanyak 11 orang. Dua di antaranya tewas dan 9 lainnya luka-luka. “Kalau korban total ada 11 orang. Dua orang meninggal. Mereka yang meninggal 1 WNA dan 1 WNI. Kemudian 9 lainnya itu luka-luka,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya

Imam menjelaskan, bentrokan itu dipicu karena adanya aksi mogok kerja yang dilakukan sejumlah karyawan. Aksi mogok kerja itu mereka lakukan lantaran tujuh dari delapan tuntutan mereka belum disetujui oleh pihak perusahaan.

img_title

Sumber: www.viva.co.id