BPIP Harap KTT G20 Mampu Berikan Solusi Berbagai Krisis Global

Antonius Benny Susetyo atau Romo Benny.

Senin, 14 November 2022 – 12:25 WIB

VIVA Nasional – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan akan ada 17 kepala negara yang hadir dalam perhelatan puncak Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, 15-16 November 2022. Presidensi Indonesia G20 itu mendapat sorotan dunia internasional, sebab peranan Indonesia dinilai penting untuk menciptakan tata dunia baru, apalagi dalam menyelesaikan krisis global, seperti krisis finansial, krisis pangan dan krisis energi.

Staf khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Antonius Benny Susetyo berharap, KTT tersebut dapat menjadi titik temu dalam penyelesaian krisis global guna menciptakan perdamaian dunia.

“Semoga pertemuan G20 memberikan satu momentum sejarah dan mengulangi kembali keberhasilan atas apa yang dilakukan Sukarno dengan membuat deklarasi Asia-Afrika,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin, 14 November 2022.

Pemimpin dunia hadiri KTT G20: Joe Biden, Xi Jinping, Rishi Sunak

Dalam forum tersebut, Romo Benny, begitu dia karib disapa, juga berharap ada kesepakatan untuk mengatasi utang luar negeri negara-negara berkembang. “Dan jaminan kesehatan internasional, terutama persediaan terhadap vaksin untuk mengatasi virus COVID dan juga virus-virus lain yang menciptakan dunia dalam situasi yang mengkhawatirkan,” ujarnya.

Romo Benny juga menekankan pentingnya kesepatakan yang mendapatkan prioritas untuk membangun tata kelola perekonomian global yang lebih adil.

“Yang memungkinkan negara-negara maju dan negara-negara berkembang untuk membangun kerjasama yang saling menguntungkan,” kata dia.

Sumber: www.viva.co.id

Exit mobile version