Calon Jemaah Haji Lunas tapi Tertunda Keberangkatan Tak Tambah Biaya Lagi

Ilustrasi Jemaah Haji

Rabu, 15 Februari 2023 – 10:49 WIB

VIVA Nasional – Anggota Komisi VIII DPR Yandri Susanto menyebut calon jemaah haji yang telah melunasi pembayaran haji namun tertunda keberangkatan pada 2020, tidak perlu lagi melunasi ongkos haji, berapapun kenaikan yang ditetapkan pemerintah dan DPR nantinya. 

“Jadi yang sudah lunas tunda, engga ada lagi penambahan biaya apapun,” kata Yandri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa malam, 14 Februari 2023.

Yandri lebih jauh mengatakan, terdapat sekitar 84 ribu jemaah haji berstatus tunda tahun 2020 yang belum diberangkatkan, lantaran ada pembatasan usia yang ditetapkan Arab Saudi. Yandri menyebutkann bahwa ongkos seluruh jemaah berstatus lunas tunda pada 2020 bakal ditambahkan dari dana manfaat nantinya.

“Karena mereka sudah lunas, karena sudah lunas engga boleh lagi nambah,” ujarnya.

Ilustrasi berdoa saat haji.

Ilustrasi berdoa saat haji.

Berkaitan itu, Ketua Panja Haji Komisi VIII DPR RI Marwan Dasopang juga mengatakaan bahwa calon jemaah haji yang statusnya lunas tunda tahun 2022 pun tak dibebankan penuh tambahan ongkos haji. Dikatakannya, jemaah tunda tahun 2022 sekitar 9 ribu jemaah. 

Halaman Selanjutnya

“Mereka itu tidak dibebankan penuh, sekitar Rp7,6 juta. Karena mereka punya virtual account. Dan dikonversi pada kewajibannya. Karena itu Mereka bayar Rp7 sampai Rp8 juta,” imbuhnya.

img_title

Sumber: www.viva.co.id