Dampak Gunung Merapi Erupsi, Hujan Abu sampai ke Wonosobo

Gunung Merapi erupsi.

Minggu, 12 Maret 2023 – 05:16 WIB

VIVA Nasional – Gunung Merapi mengeluarkan rentetan awan panas guguran pada Sabtu 11 Maret 2023 sejak pukul 12.12 WIB. Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta mencatat ada 24 kali guguran awanpanas yang terjadi.

Kepala BPPTKG Yogyakarta Agus Budi Santoso mengatakan bahwa hingga pukul 15.00 WIB ada 21 kali awanpanas guguran. Awan panas guguran tercatat terus terjadi hingga pukul 16.00 WIB sebanyak 24 kali.

“Tercatat 24 kali awanpanas guguran di Gunung Merapi hingga pukul 16.00 WIB. Saat ini aktivitas vulkanik di Gunung Merapi masih fluktuatif dan beberapa kali terdengar suara guguran dari Pos Babadan,” kata Agus, saat jumpa pers secara online, Sabtu 11 Maret 2023.

Agus menyampaikan jika awan panas guguran ini menyebabkan terjadinya hujan abu vulkanik di beberapa daerah di Jawa Tengah seperti di Magelang dan Wonosobo. Dia bilang hujan abu ini mengarah ke Magelang karena angin bertiup ke arah barat laut-barat.

“Hujan abu terjadi di sektor barat laut-utara dengan intensitas bervariasi,” jelas Agus.

Agus menyebut jika hujan abu ini terjauh mencapai daerah Wonosobo, Jawa Tengah atau berjarak 33 kilometer dari Gunung Merapi. 

Halaman Selanjutnya

Tim Tanggap di Lokasi

img_title

Sumber: www.viva.co.id