Ditemukan Kasus Pertama Penyakit LSD Se-Banten, Pemkab Tangerang Isolasi 19 Ekor Sapi

Kamis, 9 Februari 2023 – 10:23 WIB

VIV

VIVA.Nasional – Sebanyak 19 ekor sapi di wilayah Kabupaten Tangerang terpaksa harus menjalani proses isolasi setelah, positif terpapar dan suspek penyakit Lumpy Skin Disease (LSD). Di mana, penyakit kulit tersebut memiliki ciri benjolan di kulit hewan ternak. 

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner pada DPKP Kabupaten Tangerang, Joko Ismadi mengatakan, dari 19 hewan itu, 11 di antaranya positif LSD dan sisanya dalam status suspek. Yang mana saat ini, seluruh hewan itu tengah dalam kondisi diisolasi dan pengobatan. 

Penyakit Lumpy Skin Disease (LSD) pada sapi di Provinsi Riau.

Penyakit Lumpy Skin Disease (LSD) pada sapi di Provinsi Riau.

“Ya, di Banten kasus LSD pertama ada di Tangerang, lalu Subang dan Jakarta. Di mana, sifat penyakit kulit ini menular ke hawan ternak lainnya,” katanya, Rabu, 8 Februari 2023. 

Lanjut dia, sapi-sapi tersebut pun bukan berasal dari wilayah Kabupaten Tangerang, melainkan berasal dari Boyolali, JawanTengah. 

“Sapi tersebut berasal dari Boyolali, lalu awal kasus di Kabupaten Tangerang itu ada di kawasan Tigaraksa dan beberapa titik lainnya,” ujarnya. 

Halaman Selanjutnya

Alhasil, satgas pengendalian penyakit hewan saat ini memberikan vitamin serta vaksin PMK maupun LSD. Serta, meminta kepada para peternak untuk segera melaporkan kepada petugas Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) terdekat bila ditemukanya kasus LSD. 

img_title

Sumber: www.viva.co.id