Ditinggal Menunaikan Ibadah Haji, Rumah Warga di Seram Timur Hangus Terbakar

Kebakaran rumah di Seram Bagian Timur yang ditinggal pergi haji

Jumat, 16 Juni 2023 – 15:56 WIB

Maluku – Empat rumah warga di jalan padat karya, Desa Bula, Kecamatan Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur, Maluku, Jumat, 16 Juni 2023, sekira pukul 11.00 Wit, ludes dilalap si jago merah. Angin yang bertiup kencang menyebabkan kobaran api terus membesar dan sulit dipadamkan.

Petugas Polres Seram Bagian Timur masih menyelidiki penyebab kebakaran ini. Diduga api berasal dari kamar salah satu rumah yang ditinggal pergi pemiliknya melaksanakan ibadah haji. 

Kasubsie Penmas Polres Seram Bagian Timur, Bripka Suwandi Soboh dalam keterangan persnya mengatakan dari informasi warga kebakaran yang terjadi jalan padat karya desa bula kecamatan Bula kabupaten SBT diduga berasal kamar dari salah satu penghuni yang pemiliknya melaksanakan ibadah haji.

Suwandi menuturkan, dari keterangan saksi yakni Jen Gani yang berada di lokasi kejadian diketahui asal mula kebakaran, namun saat kejadian, saksi melihat kobaran api berasal dari kamar orang tuanya ditingkat dua yang kosong karna berangkat menunaikan ibadah haji.

Dari keterangan saksi lainnya, kata Suwandi, bahwa asal mula api dari tingkat dua milik Ibrahim Keliata, Guru SD Gorom yang dikontrakan kepada Kafa Hulis Hulis, Pengganti Antar Waktu (PAW) anggota DPRD Kabupaten SBT dari Fraksi PPP.

Bangunan sekolah TK terbakar di Seram Bagian Timur, Maluku

Photo :

  • Christ Belseran/tvOne Seram Bagian Timur Maluku

Namun dari sejumlah kesaksian belum tidak diketahui pasti awal sumber api tersebut, namun hanya diduga kebakaran terjadi akibat kosleting listrk, sehingga kabel memercikkan api dan terbakar.

Halaman Selanjutnya

“Setelah terjadi arus pendek, diduga kabel yang melekat pada plafon rumah yang terbuat dari bahan tripleks dan kayu ikut terbakar kemudian menjalar sampai kerumah saudara Jen Gani,” kata Suwandi masih menduga sumber kebakaran tersebut.

img_title

Sumber: www.viva.co.id