Dongkrak Pertumbuhan Investasi, Ganjar Pancing Investor Lewat ‘Keris Jateng’

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Kamis, 16 Februari 2023 – 16:10 WIB

VIVA Nasional – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo terus berupaya mendongkrak pertumbuhan investasi selama memimpin Jateng. Salah satu upaya yang dilakukan adalah ‘memancing’ para investor melalui Koridor Ekonomi Perdagangan, Investasi, dan Pariwisata (Keris) Jateng. 

Keris Jateng merupakan forum koordinasi antara Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Jateng dan Bank Indonesia untuk menguatkan layanan, promosi, dan kebijakan investasi agar lebih profesional dan proaktif. 

Forum yang telah bergulir sejak 2018 melalui SK Gub Jateng No 500/70 Tahun 2018 ini bisa menarik investor sekaligus meningkatkan daya saing global dan mencapai pertumbuhan ekonomi yang tinggi. 

“Menurut saya penting karena kita ditugasi Presiden agar seluruh daerah, Provinsi, Kabupaten/Kota, berlomba-lomba melakukan perbaikan ekonomi, mencari trobosan, agar kemudian kita tidak terpuruk,” kata Ganjar usai membuka High Level Meeting Keris Jateng di Ballroom PO Hotel Semarang, Jateng, Kamis, 16 Februari 2023.

Ganjar mengatakan, ada banyak potensi investasi di Jateng yang bisa didatangkan. Melalui Keris Jateng, kata Ganjar, pemetaan potensi tersebut bisa mendukung penguatan sektor ekonomi yang ada seperti pertanian dan pariwisata. 

“Kalau kemudian sektornya adalah pertanian, maka beberapa komoditas bisa kita dorong. BI juga pernah membantu sekolah bawang putih yang ada di Kendal. Ini contoh-contoh saja agar kita bisa rebound dari sisi ekonomi,” kata Ganjar. 

Halaman Selanjutnya

“Pariwisatanya bisa kita dorong kabupaten/kota itu punya keunggulan terus kemudian menjual yang menarik, mengajak, berpartner dengan banyak lembaga-lembaga bisnis, swasta, terus kemudian aktivis pariwisata, pemangku kepentingannya, agar bisa berjalan,” sambungnya. 

img_title

Sumber: www.viva.co.id