Efek One Way Arus Balik Jalur Pantura Semarang: Tersendat Lama

Kondisi arus balik di gerbang Tol Kaliwungu.

Senin, 24 April 2023 – 20:25 WIB

VIVA Nasional – Kepolisian resmi menerapkan jalur satu arah atau one way di Tol Kalikangkung Semarang hingga Cikampek. Dua lajur tol seluruhnya dilalui untuk kendaraan ke arah barat atau Jakarta dan sekitarnya.

Adapun arus kendaraan dari arah ke arah timur atau ke Semarang akan dialihkan ke jalur arteri atau pantura.
Efek penerapan one way langsung terasa. 

Imbas jalur exit tol sempat macet saat petugas melakukan sterilisasi jalur tol. Dampak berikutnya arus kendaraan di sebagian jalan arteri pantura menjadi padat merayap.

Di wilayah Jawa Tengah, kendaraan dari tol ke arah timur dialihkan lewat exit tol Brebes, Pemalang, Pekalongan, Weleri, Kendal, dan Kaliwungu. Dengan demikian, kepadatan arus lalin berpotensi terjadi di jalur arteri daerah tersebut.

Kondisi jalur one way di tol Kalikangkung Semarang

Kondisi jalur one way di tol Kalikangkung Semarang

Dari pantauan di lapangan, kepadatan tampak di Jalan Pantura Brangsong dan Kaliwungu Kendal, serta Mangkang Semarang. Meski tak sampai macet panjang, tapi cukup membuat perjalanan pengendara jadi memakan waktu.

“Dibelokkan tadi di exit tol Kendal. Lalu, lewat jalan alternatif Pegandon. Lumayan padat dan tadi sempat tersendat cukup lama,” kata Wahyu, pemudik yang akan ke Semarang, Senin, 24 April 2023.

Halaman Selanjutnya

Menurut dia, kondisi itu diprediksi masih bisa terjadi di jalur arteri selama one way masih diberlakukan.

img_title

Sumber: www.viva.co.id