Erick Thohir Jadikan UMKM Sokoguru Ekonomi Indonesia

Menteri BUMN Erick Thohir.

Kamis, 26 Januari 2023 – 21:00 WIB

VIVA Nasional – Menteri BUMN Erick Thohir telah menyiapkan berbagai program untuk meningkatkan kontribusi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) guna bisa memberikan kontribusi besar untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia. Erick Thohir menjadikan usaha rakyat jadi sokoguru atau penopang pertumbuhan ekonomi Indonesia sehingga bisa berdaulat.

Menurutnya, perkembangan UMKM di Indonesia mampu menopang perekonomian masyarakat dan negara. Karena itu, realisasi pendanaan untuk sektor UMKM terus didorong oleh Erick Thohir di tahun 2023 hingga menyentuh angka Rp 50 triliun.

“UMKM yang bergabung dalam program Pasar Digital UMKM bersama mencapai 92 perusahaan dan anak perusahaan BUMN telah mencapai nilai sangat besar Rp 24,4 triliun sepanjang tahun 2022. Target tahun ini mencapai Rp 50 triliun,” terang Erick Thohir di acara BRI Microfinance Outlook 2023 bertema ”Financial Inclusion and ESG: The Road to Equitable Economic Prosperity”, Kamis, 26 Januari 2023.

Transformasi program kolaborasi antara BUMN dan UMKM seperti PaDi UMKM ini dinilainya tidak hanya membantu penyerahan produk dan servis langsung dari UMKM. Namun juga meruntuhkan stigma BUMN sebagai menara gading yang sulit untuk dijangkau oleh para pelaku usaha kecil.

“Tetapi, terlebih meruntuhkan menara gading yang selama ini menjadi anggapan, bahwa BUMN sama sekali tidak tersentuh oleh rakyat. Sekaligus juga mencetak progres dalam perjalanan mewujudkan Indonesia yang merdeka, berdaulat,” ujar Erick Thohir.

Menteri terbaik dan andalan Presiden Jokowi ini menyatakan gembira, pembahasan mengenai inklusi keuangan semakin mengarah dan menajam kepada UMKM. Ia mengatakan segala upaya untuk meningkatkan kemaslahatan masyarakat perlu mendapatkan dukungan konkret agar dapat terus berkembang.

Halaman Selanjutnya

“Di sini arena kehidupan rakyat, arena perjuangan ekonomi masyarakat dan, arena untuk mempercayakan harapan besar kala bertahan dengan usaha sendiri. Bukan hanya untuk melompat jauh dengan inovasi,” tutur Erick Thohir.

Sumber: www.viva.co.id

Exit mobile version