Evakuasi Ratusan WNI dari Sudan Sangat Panjang dan Melelahkan, Kata Menlu Retno Marsudi

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyambut 385 WNI yang dievakuasi pulang dampak perang saudara di Sudan tiba di Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Jumat, 28 April 2023.

Jumat, 28 April 2023 – 09:32 WIB

VIVA Nasional – Sebanyak 385 warga negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi pulang dampak perang saudara di Sudan tiba di Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Jumat, 28 April 2023.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengakatan, mereka yang telah dievakuasi terdiri dari 248 perempuan, 137 laki-laki, dan 43 anak-anak.

“Kami telah melakukan evakuasi dari Sudan yang sedang dilanda perang. Saat ini sudah mendarat dan tiba di tanah air 385 WNI yang menggunakan maskapai Garuda Indonesia,” katanya di Bandara Soekarno-Hatta.

VIVA Militer: 110 WNI dievakuasi dari Sudan dengan pesawat TNI AU

VIVA Militer: 110 WNI dievakuasi dari Sudan dengan pesawat TNI AU

“Perjalanan evakuasi sangat panjang dan melelahkan, jadi setibanya di Jakarta, mereka akan dipindahkan sementara di Asrama Pondok Gede, sebelum dipulangkan ke daerah masing-masing,” ujarnya.

Evakuasi tersebut merupakan gelombang pertama yang akan disusul evakuasi berikutnya pada 30 April. Proses evakuasi secara estafet dimulai dari evakuasi jalan darat, kemudian ke Jeddah melalui jalur laut atau udara, selanjutnya dipulangkan secara bertahap ke Indonesia.

Halaman Selanjutnya

Retno Muardi mengatakan, pemerintah merespons situasi lapangan yang sangat cair dan dinamis dengan tujuan segera mengeluarkan WNI dari wilayah konflik yang berbahaya.

img_title

Sumber: www.viva.co.id