Ferdy Sambo Diyakini Tak Punya Power Lagi di Polri

Sidang Vonis Ferdy Sambo

Rabu, 15 Februari 2023 – 22:20 WIB

VIVA Nasional – Ferdy Sambo diyakini sudah tak punya power lagi di tubuh Korps Bhayangkara. Hal itu karena mantan Kadiv Propam Polri itu sudah dipecat sebagai personel Polri.

Polri sudah memecat Sambo buntut tindakannya merancang skenario pembunuhan berencana terhadap eks ajudannya, Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J. Pemecatan berdasarkan hasil sidang Komisi Kode Etik Polri (KKEP), 26 Agustus 2022.

“Polisi itu tidak ada jabatan dan kekuasaan. Dia tidak memiliki pengaruh kuat di internal Polri,” kata akademisi Universitas Bhayangkara (Ubhara) Jaya, Ali Asghar, kepada wartawan, Rabu 15 Februari 2023.

Dia tak setuju dengan istilah ‘geng’ di tubuh Polri, termasuk untuk Sambo cs. Menurut Ali, terbangunnya suatu kelompok pada sebuah lembaga lantaran adanya struktur jabatan. Fenomena ini pun terjadi di dalam kementerian atau lembaga negara lainnya.

“Jadi, sebenarnya bukan geng, ya, tapi kultur perintah yang berdasarkan hierarki jabatan itulah yang membuat polisi di bawah Sambo takut atau ‘siap perintah’ begitu saja,” jelas Ali.

Menurut dia, dengan jabatan Kadiv Propam, Sambo punya kewenangan tinggi yang mesti dipatuhi jajaran Polri. 

Halaman Selanjutnya

“Siapa yang nggak takut dibentak Kadiv Propam, polisinya polisi? Ya, pasti maulah. ‘Siap-siap’ terus itu. Nah, ini yang kemudian yang membentuk geng-geng,” kata dia.

img_title

Sumber: www.viva.co.id