Gandeng PPATK, Polda Sumut Telusuri Dugaan Gratifikasi dan TPPU AKBP Achiruddin

Gudang BBM ilegal milik AKBP Achiruddin Hasibuan digeledah oleh Polda Sumatera U

Sabtu, 29 April 2023 – 08:27 WIB

VIVA Nasional – Kasus penganiayaan diduga dilakukan Aditya Hasibuan, anak AKBP Achiruddin Hasibuan, terhadap seorang mahasiswa, Ken Admiral.

Kini, tim gabungan Polda Sumatera Utara berkoordinasi dengan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK)  menelusuri terkait dugaan gratifikasi dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) diduga dilakukan AKBP Achiruddin.

Tim gabungan kepolisian terdiri dari Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumut, Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumut, Bidang Propam Polda Sumut, Itwasda Polda Sumut dan Biro SDM Polda Sumut.

Tim gabungan Polda Sumut berkoordinasi dengan PPATK menelusuri kekayaan Achiruddin dan sudah memblokir rekening dia dan anaknya.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol. Hadi Wahyudi.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol. Hadi Wahyudi.

“Kita sudah berkoordinasi dan bekerja sama dengan teman-teman PPATK. (Pemblokiran itu) kita sudah koordinasi dan bekerja sama dengan PPATK,” ujar Kepala Bidang Humas Polda Sumut, Kombes Polisi Hadi Wahyudi kepada wartawan, di Mako Polda Sumut, Jumat, 28 April 2023

Kemudian, terbongkar juga gudang diduga dijadikan tempat penimbunan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar, diduga melibatkan Achiruddin.

Halaman Selanjutnya

Gudang tersebut ditemukan berjarak sekitar 30 meter dari rumah mewah milik AKBP Achiruddin Hasibuan di Jalan Guru Sinumba, Kelurahan Helvetia Timur, Kecamatan Medan Helvetia, Kota Medan.

img_title

Sumber: www.viva.co.id