Gandeng Unhas, Taiwan Technical Mission Bantu Kembangkan Benih Padi Petani di Sulsel

Taiwan Technical Mission meninjau kondisi pertumbuhan lahan padi di Kabupaten Gowa.

Kamis, 4 Mei 2023 – 15:36 WIB

VIVA Nasional – Taiwan Technical Mission terus membantu pengembangan dan produksi benih padi untuk organisasi petani di Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia sejak 2018. 

Caranya dengan meningkatkan hasil benih padi berkualitas tinggi sehingga produksi dan kualitas beras secara keseluruhan meningkat. 

“Ini tidak hanya meningkatkan pendapatan produsen benih tetapi juga membantu mengurangi jumlah beras yang diimpor dari luar negeri, sehingga meningkatkan swasembada produksi pangan,” tulis Taipei Economic and Trade Office (TETO) Indonesia dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Kamis, 4 Mei 2023.
 
Saat ini, Taiwan Technical Mission bekerja sama dengan Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin (Unhas) Sulawesi Selatan untuk mempromosikan sawah seluas 400 hektar.

Pada tahun 2022, mereka telah mengumpulkan 4.200 ton benih padi berkualitas sepanjang tahun, terhitung 29% dari produksi benih padi di seluruh provinsi dan memenuhi 12% kebutuhan benih padi di provinsi tersebut. 

Taiwan Technical Mission membina petani di Kabupaten Sopeng, Sulawesi Selatan.

Taiwan Technical Mission membina petani di Kabupaten Sopeng, Sulawesi Selatan.

Mereka juga menyelenggarakan pelatihan, merevisi manual budidaya padi, dan membantu memperkenalkan pertanian cerdas. Mereka berharap untuk mempromosikan penggunaan drone dan mendirikan stasiun cuaca sederhana, untuk membantu memecahkan masalah kekurangan tenaga kerja di daerah pedesaan. 
 
Taiwan Technical Mission juga bekerja sama dengan International Rice Research Institute (IRRI) cabang Indonesia untuk mengadakan konferensi internasional dan mengundang para ahli internasional. Selain itu, untuk berbagi pengetahuan mereka tentang pertanian cerdas dan masalah serta aplikasi terkait ketahanan iklim. 

Mereka pun membudidayakan dan mengamati varietas padi lokal Indonesia yang berpotensi tahan perubahan iklim, untuk meningkatkan ketahanan iklim negara dan mempromosikan varietas padi lokal yang berbeda.

img_title

Sumber: www.viva.co.id