Ganjar Disematkan Gelar ‘Warga Kehormatan Masyarakat Sunda’, Ini Sebabnya

Ganjar Pranowo disematkan gelar 'Warga Kehormatan Masyarakat Sunda'

Minggu, 14 Mei 2023 – 23:30 WIB

VIVA Nasional – Warga Tanah Pasundan diwakili sejumlah inohong (sosok) Sunda, menyematkan gelar apresiasi ‘Warga Kehormatan Masyarakat Sunda’, kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. 

Gelar tersebut diberikan ke Ganjar, saat pria berambut putih itu menghadiri acara Silaturahmi Budaya Tokoh dan Inohong Sunda di Saung Angklung Udjo, Kecamatan Cibeunying, Kota Bandung, Jawa Barat.

Nuri Ispandji Firman, selaku perwakilan tokoh budaya Sunda menyematkan panggilan ‘Akang’ dan juga memberikan baju Pangsi Sunda berwarna hitam sebagai simbol kehormatan untuk Ganjar Pranowo.

Dia pun menyebutkan, alasan warga Tanah Pasundan memberikan gelar tersebut lantaran Ganjar dinilai sebagai sosok pemimpin yang sederhana, bersahaja dan dekat dengan rakyat.

“Saya rasa darah yang mengalir di Pak Ganjar ini karena beliau ramah, beliau mencintai rakyatnya. Sehingga wajar kalau saya sebagai orang Sunda memberikan gelar warga kehormatan kepada beliau,” ujar Kang Nuri di Saung Angklung Udjo, Minggu, 14 Mei 2023.

Adapun sebutan Akang Ganjar dinilai sebagai sebutan untuk tokoh yang lebih tua, lebih terhormat dan memiliki reputasi yang baik bagi masyarakat.

Halaman Selanjutnya

Menurut Nuri, Ganjar merupakan sosok pemimpin yang tidak hanya berhasil membangun daerahnya, tetapi juga diterima dengan baik oleh seluruh masyarakat yang didatanginya karena figur Ganjar yang sederhana dan memiliki cara berkomunikasi yang baik dengan seluruh kalangan.

img_title

Sumber: www.viva.co.id