Ganjar Jajaki Peluang Kerja Sama dengan Norwegia di Bidang Transisi Energi dan Lingkungan Hidup

Ganjar Pranowo bertemu Dubes Norwegia untuk Indonesia Rut Kruger Giverin

Jumat, 17 Februari 2023 – 13:10 WIB

VIVA Nasional – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menjajaki peluang kerja sama dengan Norwegia di bidang transisi energi dan lingkungan hidup. Hal itu dikatakan Ganjar saat menerima Duta Besar (Dubes) Norwegia untuk Indonesia Rut Kruger Giverin di rumah dinasnya. 

Ganjar menjelaskan, saat ini kedua pihak berencana membuat solar panel di laut untuk menciptakan energi listrik dari sinar matahari. Selain itu, kata Ganjar, kerja sama juga akan dilakukan di bidang pengolahan mangrove. 

“Saya senang karena paparan dari Bu Rut terkait dengan transisi energi, solar panel, terus kemudian penanaman mangrove, perbaikan lingkungan khususnya di Pantura,” kata Ganjar di Puri Gedeh, Kota Semarang, Jateng, Kamis, 16 Februari 2023.

Menurut Ganjar, dengan teknologi milik Norwegia, nantinya kerja sama yang akan terjalin bisa bermanfaat bagi Indonesia. Pasalnya, Ganjar menyebut solar panel yang terpasang di laut bisa menyerap banyak sumber energi dan pengolahan mangrove dapat memitigasi bencana karena sifatnya sebagai pemecah ombak. 

“Jadi penanganan coastal area termasuk damage kontrolnya yang ada di sana dengan teknologi, dengan penanaman Mangrove seperti apa. Lalu solar pannel saya tawarkan di remote area karena areanya tidak besar, maka menurut beliau itu lebih visible,” kata Ganjar. 

Terkait solar panel, Ganjar mengaku kagum dengan Norwegia karena teknologi tersebut bisa mengambang di laut. Ganjar berharap, kerjasama yang terjalin akan memperoleh hasil memuaskan bagi kedua negara. 

Halaman Selanjutnya

“Norwegia punya pengalaman, punya teknologi, kita akan coba develop itu. Mudah-mudahan ini menjadi kerja sama yang bagus lah ke depan,” tutur Ganjar. 

img_title

Sumber: www.viva.co.id