Ganjar Napak Tilas Kehidupan Bung Karno, Kunjungi Rumah Kelahiran hingga Kamar Kos

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Sabtu, 18 Februari 2023 – 14:07 WIB

VIVA Nasional – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo melakukan napak tilas kehidupan Presiden Pertama RI Soekarno (Bung Karno) dalam kunjungannya ke Kota Surabaya, Jawa Timur (Jatim). Ganjar mengunjungi tempat-tempat bersejarah itu sambil lari pagi. 

Awalnya, Ganjar mulai berangkat lari pukul 06.00 WIB untuk mengunjungi rumah kelahiran Bung Karno di Jalan Pandean IV No.40 Peneleh, Genteng, Surabaya. Ganjar sempat melihat dari halaman depan tempat kelahiran pendiri bangsa yang terletak di gang sempit itu. 

Proklamator kemerdekaan Indonesia lahir di tempat tersebut pada tanggal 6 Juni 1901 dari pasangan Raden Soekemi Sosrodihardjo dan Ida Ayu Nyoman.

Kemudian Ganjar melanjutkan olahraganya ke Jalan Pemeleh Gang VII No.29-31, Peneleh, Genteng. Di sana, Mantan Anggota DPR RI itu menyempatkan diri berkunjung ke Museum Hadjie Oemar Said (HOS) Tjokroaminoto yang merupakan tempat kost sejumlah tokoh bangsa. 

Adapun tokoh bangsa yang pernah kost di tempat Tjokroaminoto antara lain Bung Karno, Kartosoewirjo, Alimin, Musso, Semaoen, hingga Darsono. 

“Tadi kita melihat rumah kelahiran Bung Karno. Habis itu Bung Karno pergi ke Sidoarjo terus sekolah SD di Mojokerto. Kita sudah pernah kunjungan ke sana, dan SMA kembali ke sini,” kata Ganjar di lokasi, Sabtu, 18 Februari 2023.

Halaman Selanjutnya

Dalam kesempatan tersebut, Ganjar sempat memasuki kamar kost Bung Karno. Letaknya berada di lantai dua bangunan itu yang terhubung dengan tangga hijau berukuran kecil. 

img_title

Sumber: www.viva.co.id