Gunakan Momentum Ramadan untuk Berdakwah di Ruang Digital

Diskusi “Ramadhan Penuh Berkah, Dakwah di Ruang Digital“

Rabu, 19 April 2023 – 01:30 WIB

VIVA Nasional – Momentum Ramadan dapat digunakan untuk berbagi hal-hal positif. Diantaranya berbagi konten dakwah dengan memanfaatkan ruang digital.

Analis Tata Kelola Keamanan Siber/Diskominfotik Prov NTB R. Roland Ommy Yulyantho menyampaikan keamanan digital merupakan upaya untuk aman dan nyaman dalam menggunakan digital, baik secara sistem maupun pribadi.

Aktivitas yang dilakukan pada dunia digital, katanya akan terekam semua di internet. Untuk itu hal yang dapat diantisipasi pada diri sendiri untuk menjaga akun sosial media, yaitu tidak menyebarkan data pribadi seperti KTP, dan data identitas lainnya dengan cara apapun. 

“Gunakan momentum Ramadan untuk berdakwah dengan memanfaatkan teknologi internet sebagai media pembelajaran baik melalui kelas online, webinar ataupun menggunakan media komunikasi online zoom meeting, google meet, dan sejenisnya,” ujarnya dalam diskusi “Ramadhan Penuh Berkah, Dakwah di Ruang Digital“ yang dilakukan secara daring, Selasa, 18 April 2023.

Diskusi ini diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD), dalam rangka meningkatkan tingkat literasi digital 50 juta masyarakat indonesia pada tahun 2024 menuju Indonesia #makincakapdigital 

Roland menambahkan sebagai warga negara yang bijak tentu harus memperhatikan konten yang disebarluaskan aman, dan dapat diterima oleh semua masyarakat yaitu membuat konten positif, tidak berbau SARA.

Halaman Selanjutnya

Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Mataram/Ketua Korwil Aspikom NTB Hartin Nur Khusnia menyampaikan bahwa kecakapan digital merupakan potensi dalam menggunakan digital. 

Sumber: www.viva.co.id

Exit mobile version