Gunung Bawah Laut Pacitan Sudah Ada sejak Lama tapi Baru Ditemukan, Menurut BPBD

Gunung bawah laut yang baru ditemukan di dasar laut Pacitan, jawa Timur

Selasa, 21 Februari 2023 – 08:22 WIB

VIVA Nasional – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pacitan Jawa Timur Erwin Andriatmoko mengimbau masyarakat untuk tidak khawatir apalagi panik dengan informasi temuan gunung bawah laut di perairan setempat.

“Gunung itu betul ada, akan tetapi tidak ada kaitannya dengan aktivitas kegempaan yang terjadi di wilayah Pacitan selama ini. Jadi (sebaiknya) masyarakat tidak perlu khawatir,” kata Erwin di Pacitan, Senin.  

Hal itu ditekankan Erwin menyusul viralnya berita temuan gunung bawah laut yang ada di kedalaman 3-4 kilometer di bawah permukaan laut, 200 kilometer barat daya Kota Pacitan.

Ilustrasi temuan gunung bawah laut di perairan barat daya Kabupaten Pacitan

Ilustrasi temuan gunung bawah laut di perairan barat daya Kabupaten Pacitan

Ia menegaskan, gunung yang diidentifikasi Badan Informasi Geospasial (BIG) memiliki ketinggian sekitar 2.300 meter dari dasar laut itu sudah ada sejak lama, namun keberadaannya baru diketahui akhir-akhir ini.

“Tidak pernah ada dalam sejarah kemunculan gunung, apalagi gunung sebesar itu, dengan tiba-tiba, dalam artian sekali proses gempa. Berarti gunung itu sudah lama ada cuma baru terdeskripsi atau baru ditemukan,” terangnya.

Halaman Selanjutnya

Dengan logika dasar itu, Erwin memastikan tidak ada kaitan antara keberadaan gunung bawah laut itu dengan aktivitas kegempaan yang kerap terjadi dan dirasakan di wilayah Pacitan.  

img_title

Sumber: www.viva.co.id