Hakim Kopi Sianida Binsar Gultom Dipromosikan Jadi Hakim Tinggi DKI Jakarta

Hakim Binsar  Gultom.

Jumat, 11 November 2022 – 06:22 WIB

VIVA Nasional – Kasus kopi sianida meninggalkan berbagai kesan di masyarakat, perjalanan persidangan pun menarik perhatian khalayak luas. Bahkan menarik perhatian dunia internasional.

Bagi yang mengikuti kasus itu, tentu masih ingat dengan hakimnya, Binsar Gultom, yang menjatuhkan hukuman 20 tahun penjara terhadap terdakwa Jessica Kumala Wongso, karena menghilangkan nyawa temannya, Wayan Mirna Salihin, di kopi di Olivier Cafe, Grand Indonesia, Jakarta pada 2016 silam.

Saat itu, terdakwa mengajukan Peninjauan Kembali (PK), namun ditolak oleh Mahkamah Agung (MA). Sehingga Jessica tetap menjalankan masa hukuman selama 20 tahun penjara. Dan perkara ini sudah mempunyai kekuatan hukum tetap dalam bentuk Yurisprudensi MA.

Dia kini menjabat sebagai hakim tinggi di Pengadilan Tinggi (PT) Banten. Berdasarkan penelusuran dari website resmi badan peradilan umum (badilum) pada Kamis siang, 10 November 2022 pukul 14.23 wib, terdapat nama Binsar  Gultom. Pada hasil Tim Promosi Mutasi (TPM) hakim tertanggal 09 November 2022, nomor urut 406, terdapat nama Dr Binsar Gultom SH, SE, MH, jabatan lama sebagai hakim di PT Banten, mendapatkan promosi jabatan menjadi Hakim Tinggi (HT) di PT DKI Jakarta.

Hakim HAM

Pria kelahiran Sibolga, Sumatera Utara (Sumut) pada 7 Juni 1958, juga pernah terlibat dalam persidangan sejumlah pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) berat Timor Timur dan Tanjung Priok, di pengadilan HAM Ad Hoc Jakarta, sejak 2002-2005. Kala itu, Binsar sempat mencecar pertanyaan kepada mantan Presiden BJ. Habibie, terkait lepasnya Timor Timur dari NKRI.

Majelis hakim Binsar berani memutuskan nyaris seluruh terdakwa bersalah bersama ketua Majelisnya bernama Andi Samsan Nganro, kini Wakil Ketua MA bidang Yudisial. Ditemani juga oleh hakim Ad Hoc HAM Heru Susanto dari Universitas Surabaya, dosen Trisakti Amirudin Abureyra dan Sulaeman Hamid dari Universitas Sumatera Utara, Medan.

Sumber: www.viva.co.id

Exit mobile version