Ini Gejala Kanker Paru yang Diderita Mantan Wakil Ketua DPRD DKI, M Taufik

Wakil Ketua DPRD DKI, M Taufik.

Kamis, 4 Mei 2023 – 13:51 WIB

VIVA Nasional – Berita duka datang dari pihak keluarga M Taufik. Keluarga mengabarkan bahwa mantan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta tersebut meninggal dunia pada Rabu, 3 Mei 2023 pukul 21.45 WIB. Jenazah M Taufik akan langsung dikembumikan hari ini di komplek pemkaman Al Azhar, Karawang, Jawa Barat.

Penyebab kematian M Taufik adalah kanker paru-paru. M Taufik didiagnosa kanker paru pada pertengahan tahun lalu. Hal ini dungkapkan oleh sang putri, Annisa Yusyda.

Pada pertengahan tahun lalu, kata Annisa, sang ayah mengeluh sakit pinggang usai bermain golf. “Papa sakit pinggang, Juni 2022 habis main golf. Lalu diperiksa dan perjalanan sakitnya dimulai,” kata Annisa di rumah duka, Pondok Ranggon Jakarta Timur, dikutip VIVA pada Kamis, 4 Mei 2023.

M Taufik Dimakamkan di Al Azhar Memorial Garden Karawang

M Taufik Dimakamkan di Al Azhar Memorial Garden Karawang

Photo :

  • Agung Prasetio (Karawang)

Hal ini selaras dengan pernyataan dari Wakil Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta Syarif yang mengungkapkan bahwa almarhum M Taufik mengidap sakit kanker paru stadium empat. M Taufik juga dikatakan sempat menjalani pengobatan di Singapura. 

“Pak Taufik cukup lama dirawat ya sejak awal Oktober itu sudah ada hasil pemeriksaan scan, ya macam-macam lah. Itu di akhir Oktober baru dirawat inap di Mount Elisabeth Singapura. Tindakannya kemo satu, dua, tiga, empat, lima, enam,” kata Syarif kepada awak media dibilangan Jakarta Timur.

Biasanya, gejala kanker paru tidak menimbulkan keluhan yang terciri, terlebih pada stadium awal. Namun, jika kondisi sudah berlanjut parah ke stadium lanjut, gejala kanker paru-paru yang mungkin muncul adalah seperti berikut:

Halaman Selanjutnya

Batuk baru yang tidak kunjung sembuh

img_title

Sumber: www.viva.co.id