Intip Strategi ASDP Agar Tak Ada Kemacetan Horor di Pelabuhan Merak saat Mudik Lebaran

Ilustrasi kendaraan pemudik tujuan Sumatera antre memasuki kapal Roro di Pelabuhan Merak,

Sabtu, 15 April 2023 – 05:30 WIB

VIVA Nasional – Direktur Pelayanan dan Komersial PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) M Yusuf Hadi mengungkapkan, kesiapan ASDP menghadapi arus mudik yang diperkirakan akan terjadi lonjakan penumpang.

Yusuf Hadi mengatakan, pihaknya telah merencanakan lebih awal terkait kesiapan tersebut. Salah satunya yaitu penambahan kapasitas daya tampung Pelabuhan Merak dan peningkatan 1.000 lahan parkir.

“Persiapan pada Angkutan Lebaran tahun ini telah kami rencanakan dan koordinasikan lebih awal, diantaranya penambahan kapasitas daya tampung pelabuhan untuk kelancaran trafik di Pelabuhan Merak, peningkatan 1.000 kapasitas lahan parkir kendaraan kecil, serta pembangunan Access Bridge penghubung Terminal Eksekutif ke Dermaga 1 penyeberangan,” kata Yusuf Hadi dalam keterangannya, Jumat 14 April 2023.

Yusuf Hadi menjelaskan bahwa terdapat peningkatan kapasitas layanan pada Angkutan Lebaran tahun ini, dengan memusatkan pelayanan untuk seluruh kendaraan roda 2 dan truk golongan VI B yang dialihkan ke Pelabuhan perbantuan Ciwandan dan Bandar Bakau Jaya (BBJ).

Pengendara roda 2 dapat menyeberang dengan menempuh rute Ciwandan-Bakauheni pada tanggal 15-21 April 2023 ditambah rute Ciwandan-Panjang untuk tanggal 19-21 April 2023. Adapun untuk kendaraan truk golongan VB, pelayanan penyeberangan dari Pelabuhan Merak akan dilayani hanya pada tanggal 15-17 April 2023. 

Sementara untuk yang ingin
menyeberang dari tanggal 18-21 April akan dialihkan menuju Pelabuhan Ciwandan. Kemudian, bagi truk golongan VII sampai dengan golongan IX akan dilayani melalui Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ) sejak tanggal 15-21 April 2023. 

Halaman Selanjutnya

Jumlah kapal yang beroperasi di pelabuhan perbantuan antara lain Pelabuhan Ciwandan sebanyak 11 Kapal RoRo, 2 Kapal ALP, dan 1 Kapal Pelni sedangkan pada Pelabuhan BBJ sebanyak 5 unit kapal.

Sumber: www.viva.co.id

Exit mobile version