Jalan Terjal Relawan Ganjar Tingkatkan Kualitas SDM di Daerah 3T

Relawan Ganjar menggagas program 'Peduli Pendidikan Tertinggal dan Terpencil'

Jumat, 17 Februari 2023 – 22:00 WIB

VIVA Nasional – Relawan Ganjar Milenial Center (GMC) wilayah Kalimantan Timur menggagas program “Peduli Pendidikan Tertinggal dan Terpencil” untuk para pelajar di wilayah Desa Sotek, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Mereka berkolaborasi bersama relawan Pendidikan Kaltim dan menempuh perjalanan selama 3 jam lantaran akses menuju lokasi melintasi perkebunan sawit yang terjal penuh bebatuan dan lumpur akibat hujan.

Setiba di lokasi, para pelajar menyambut mereka dengan riang gembira dan penuh semangat. Keceriaan bertambah ketika edukasi wawasan kebangsaan seperti pengenalan pancasila, permainan menarik untuk merangsang daya ingat, hingga bernyanyi “laskar pelangi” bersama para milenial berlangsung.

“Kami di sini memberikan edukasi bahwa pendidikan di daerah mana pun harus tetap ada meskipun itu tidak terjangkau bahkan daerah yang kami datangi hari ini. Jangankan jaringan seluler, listrik pun tidak ada,” kata Ibrahim.

Pengurus Wilayah Bidang Internal dan Pembinaan Anggota GMC Kaltim Ibrahim Adianto mengatakan pendidikan adalah salah satu tolok ukur suatu bangsa bisa dikatakan maju dan memiliki kualitas SDM yang unggul. 

Aksi terjun ke masyarakat ini merupakan perjuangan para pemuda untuk menggali potensi para pelajar sekaligus meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di daerah-daerah 3T (Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal). Sebab, para pelajar ini adalah aset bangsa dalam menyongsong visi Indonesia emas 2045. 

Halaman Selanjutnya

“Karena menurut kami pendidikan ini adalah salah satu hal yang mendukung program pemerintah yaitu Indonesia emas 2045. Jadi, di daerah khusus di Kalimantan Timur sejauh apapun akan kami datangi,” ucap Ibrahim.

img_title

Sumber: www.viva.co.id