Jalur Penyelamatan di Klemuk Kota Batu Malang Selamatkan Pemudik dari Kecelakaan Fatal

Jalur penyelamatan pemudik di Jalur Klemuk, Kota Batu.

Sabtu, 29 April 2023 – 16:02 WIB

VIVA Nasional – Jalur Klemuk yang menghubungkan Pujon, Kabupaten Malang dengan Songgoriti, Kota Batu memiliki medan yang ekstrem. Jalur Klemuk berada di area perbukitan yang curam dengan tingkat kemiringan hampir 60 derajat. 

Masyarakat sekitar berinisiatif membuat jalur penyelamatan. Mereka membangun secara swadaya untuk menekan angka kecelakaan. Hasilnya, cukup efektif karena puluhan kendaraan para pemudik mampu diselamatkan dari kecelakaan fatal akibat medan yang curam. 

Tim relawan siaga Klemuk, Gandhi Kusumo mengungkapkan jalur ini mereka buat pada Maret 2023 lalu secara kolektif dengan warga sekitar. Saban hari, belasan kendaraan roda dua dan roda empat mampu mereka selamatkan dengan jalur penyelamatan ini. Rata-rata kendaraan yang melintas mengalami rem blong.

“Rata-rata memang yang kecelakaan pelat luar kota, mereka tidak tahu medan jalan sebenarnya sehingga tidak siap. Tapi setelah ada tim relawan yang berjaga dan mengarahkan jalur, alhamdulillah selamat. Tidak sampai ada korban jiwa,” kata Gandhi, Sabtu, 29 April 2023. 

Jalur penyelamatan pemudik di Jalur Klemuk, Kota Batu, Malang, Jatim.

Jalur penyelamatan pemudik di Jalur Klemuk, Kota Batu, Malang, Jatim.

Jalur Klemuk adalah jalur alternatif yang menghubungkan Kota Batu dan Kabupaten Malang. Dua daerah ini memiliki banyak wisata di kawasan barat sehingga saban musim liburan seperti Idul Fitri selalu dipadati kendaraan wisatawan. 

Pada Senin, 24 April 2023 lalu, jalur penyelamatan mampu menghindarkan sebuah minibus Toyota Avanza yang membawa rombongan dari Kediri dari kecelakaan karena mengalami rem blong. Pengemudi mobil sempat panik sebelum akhirnya membanting setir mengarah ke jalur penyelamatan.

Halaman Selanjutnya

Secara otomatis laju kendaraan akan tertahan kolam pasir dengan kedalaman sekitar 30 sentimeter hingga 1 meter dengan kontur sedikit menanjak. Selain itu pada akhirnya masih ada tumpukan ban dan karung isi sebagai batas pengaman kendaraan. 

img_title

Sumber: www.viva.co.id