Jalur Satu Arah di Kayutangan Heritage Malang Akan Diuji Coba, Sopir Angkot Ancam Demo

Dishub Kota Malang memasang papan informasi satu arah Kayutangan Heritage.

Jumat, 17 Februari 2023 – 23:06 WIB

VIVA Nasional – Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Perhubungan (Dishub) memastikan rencana uji coba jalur satu arah di Kayutangan Heritage berlaku sejak Senin, 20 Februari 2023, pukul 05.00 WIB. Mereka pun kini gencar melakukan sosialisasi dengan memasang papan informasi di sejumlah titik.

“Pemasangan banner ukuran 1,2 meter kali 2 meter ada di delapan titik. Kemudian yang besar, ukuran 4 meter kali 6 meter ada di tiga titik. Tujuannya sebagai salah satu media sosialisasi agar pengguna jalan tahu skema manajemen rekayasa lalu lintas dan angkutan jalan,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang, Widjaja Saleh Putra, Jumat, 17 Februari 2023. 

Untuk lebih memasifkan rute uji coba satu arah Dishub memasang papan informasi di sejumlah titik keramaian di Kota Malang. Sebab, selama ini mereka hanya melakukan sosialisasi di media massa dan media online saja. 

Dishub Kota Malang juga telah menyiapkan fasilitas rambu yang akan dipasang pada Minggu malam. Beberapa rambu yang telah disiapkan antara lain rambu penunjuk arah, rambu larangan, rambu penerangan penunjuk jalan, termasuk pita kejut. 

Dishub Kota Malang memasang papan informasi satu arah Kayutangan Heritage.

Dishub Kota Malang memasang papan informasi satu arah Kayutangan Heritage.

Photo :

  • VIVA.co.id/ Uki Rama (Malang)

Widjaja mengungkapkan, uji coba manajemen rekayasa lalu lintas direncanakan berlangsung selama tiga pekan. Selama tiga pekan itu pula Dishub Kota Malang dan instansi terkait lainnya akan melakukan evaluasi hasil uji coba ini. Jika efektif akan berlanjut dan jika tidak efektif akan dikembalikan semula. 

“Ada sejumlah perubahan setelah ada proses untuk memastikan mana yang terbaik. Misalnya, tadinya di Jalan Arjuna, rencananya satu arah, dalam beberapa pertimbangan, kami tetapkan dua arah, Jalan Kahuripan dan Jalan Bromo juga dua arah,” ujar Widjaja. 

Halaman Selanjutnya

Rute uji coba satu arah ini berlaku di Jalan Basuki Rahmat atau sepanjang jalan Kayutangan Heritage. Masyarakat yang melintas dari Jalan Basuki Rahmat atau Patung Chairil Anwar atau selatan menjadi satu arah menuju perempatan Rajabali. Untuk Jalan Basuki Rahmat dari arah Kantor PLN Malang (utara) menjadi satu arah menuju perempatan Rajabali. 

img_title

Sumber: www.viva.co.id