Jelang KLB, Qodari Usul Diadakan Debat Kandidat Ketum PSSI

Direktur Eksekutif Indo Barometer, Muhammad Qodari menyampaikan hasil survei.

Kamis, 26 Januari 2023 – 18:39 WIB

VIVA Nasional – Peneliti sekaligus penggemar sepak bola Indonesia M. Qodari, angkat bicara mengenai rencana penyelenggaraan Kongres Luar Biasa Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) yang akan digelar bulan Februari mendatang. Qodari mendorong agar Komite Pemilihan PSSI menggelar debat kandidat secara terbuka bagi para calon ketua umum. 

Menurut Qodari, adanya debat kandidat itu dianggap penting karena sepak bola sudah jadi tontonan dan agenda rakyat. Sehingga mereka berhak mengetahui program kerja dari masing-masing calon jika terpilih nantinya.

“Seharusnya komite pemilihan PSSI mengadakan acara debat kandidat untuk mengetahui kapasitas dan program kerja dari para calon ketua umum,” ujar Qodari kepada wartawan, Kamis, 26 Januari 2023.

Logo PSSI

Logo PSSI

Photo :

  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Menurut Qodari, meskipun selama ini kontestasi calon ketua umum PSSI belum pernah ada debat kandidat, tetapi dengan melihat animo masyarakat yang luar biasa tentang masa depan sepak bola Indonesia, sehingga wajar apabila pada momentum kali ini dilakukan debat kandidat.

“Setahu saya selama ini belum pernah ada acara debat untuk sebuah jabatan PSSI. Tetapi begitu ini menjadi perhatian dan kepentingan publik seharusnya masyarakat mengetahui kapasitas para calon dan program kerjanya,” jelas Qodari.
 
Qodari mengaku belum mengetahui apakah Komite Pemilihan PSSI memiliki agenda untuk melakukan debat kandidat atau tidak. Tetapi, ia berharap kegiatan itu bisa dilaksanakan, bahkan mungkin masyarakat atau swasta yang peduli dengan sepak bola nasional bisa mengambil inisiatif untuk memfasilitasi forum debat tersebut. 

“Kalau komite penyelenggaraan PSSI tidak punya agenda debat, ya bisa saja swasta akan mengambil inisiatif, masyarakat akan mengambil inisiatif mengundang para kandidat ketua umum PSSI untuk memaparkan gagasan dan program kerjanya ke depan,” ujar Qodari.

Halaman Selanjutnya

Lebih lanjut Qodari menegaskan, KLB PSSI menjadi agenda penting dalam transformasi sepak bola Indonesia. Nantinya, dalam forum debat baik para pemilik suara maupun masyarakat umum akan melihat track record atau rekam jejak dan program kerja para kandidat untuk memajukan sepak bola nasional ke depan.

img_title

Sumber: www.viva.co.id