Jelang Peringatan 1 Abad NU, Ribuan Peziarah Padati Makam KH Hasyim Asy’ari

Peziarah memadati lokasi makam pendiri NU, K.H. Hasyim Asy'ari.

Senin, 6 Februari 2023 – 23:24 WIB

VIVA Nasional – Ribuan peziarah dari berbagai daerah di Indonesia memadati lokasi makam pendiri organisasi Islam K.H. Hasyim Asy’ari di Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, menjelang 1 Abad NU.

Pengurus Pesantren Tebuireng Kabupaten Jombang Teuku Azwani mengemukakan rombongan peziarah yang akan ikut peringatan 1 Abad NU banyak yang singgah untuk ziarah ke makam di Pesantren Tebuireng.

“Ini tadi ada dari rombongan PWNU DKI. Ada 30 bus. Sebelum menghadiri acara di Sidoarjo besok pagi, mereka berziarah ke TBI dulu, ke pendiri NU,” katanya saat dikonfirmasi, Senin, 6 Februari 2023.

Selain dari PWNU DKI, rombongan peziarah dari berbagai daerah di Indonesia lainnya juga banyak yang ke makam di Pesantren Tebuireng, Jombang. “Yang banyak mulai H-3 perayaan 1 Abad NU dari PCNU atau PWNU yang datang,” kata dia.

Makam Gus Dur di Pesantren Tebuireng

Makam Gus Dur di Pesantren Tebuireng

Di makam itu, selain ada makam pendiri organisasi NU yakni K.H. Hasyim Asy’ari, juga ada makam Presiden keempat, K.H. Abdurrahman Wahid atau yang akrab disapa Gus Dur, cucu dari K.H. Hasyim Asy’ari, kemudian K.H. Wahid Hasyim, ayah dari Gus Dur, lalu ada makam K.H. Sholahudin Wahid atau yang akrab disapa Gus Sholah, adik dari Gus Dur, dan sejumlah makam anggota keluarga.

Ia mengatakan, menjelang 1 Abad NU, untuk jadwal makam buka tetap seperti biasanya yakni jam 08.00 WIB sampai dengan jam 15.00 WIB serta jam 20.00 WIB hingga jam 02.00 WIB. Di luar jam tersebut, masih tutup sehingga pintu pagar menuju area makam pun juga ditutup hingga jam untuk buka selesai.

Halaman Selanjutnya

Uul, salah satu peziarah asal Malang, mengatakan ia dengan keluarga memang berniat ziarah di makam Pesantren Tebuireng, Jombang ini untuk kirim doa.

img_title

Sumber: www.viva.co.id