Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Salat Idulfitri Hari Ini

Jemaah Tarekat Naqsabandiyah di Deli Serdang merayakan idulfitri hari ini

Kamis, 20 April 2023 – 15:23 WIB

VIVA Nasional – Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Al-Khalidiyah Jalaliyah di Sumatera Utara melaksanakan salat Idulfitri, 1 Syawal 1444 Hijriah di Pondok Pesantren Darusshofa, Marindal, Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deli Serdang, Kamis pagi, 20 April 2023, pukul 07.30 WIB.

Para jemaah dari berbagai daerah di Medan dan Deli Serdang, berduyun-duyun mendatangi lokasi digelar salat Idulfitri itu. Dalam ibadah salat itu, sebagai imam adalah dan khotib Tuan Nur Zikri.

Untuk diketahui, ada 300-an jemaah hari ini yang mengikuti salat berjemaah di Marindal. Selain di Marindal, salat Id juga digelar di Bandar Tinggi, Kabupaten Simalungun, Sumut.

Perayaan Idulfitri ini, jemaah Naqsabandiyah melaksanakan lebih awal dari ketetapan pemerintah. Karena mereka punya metode penghitungan tersendiri. 

“Dalam menentukan satu syawal dan satu Ramadan ditentukan dengan hisab qamariyah. Ini dilakukan di Bandartinggi, Simalungun,” sebut salah seorang jamaah, Syekh Muda Markum kepada wartawan.

Markum menjelaskan penetapan 1 Ramadan hingga 1 Syawal 1444 Hijiriah ini, berdasarkan penghitungan hisab qamariyah dilakukan oleh dewan mursidin dan dewan fatwa.

Halaman Selanjutnya

“Hisab di laksanakan oleh majelis fatwa dan Dewan Mursyidin yang di pimpin oleh Tuan Guru langsung Buya, DR Syekh Muhammad Nur Ali S.Ag M. Hum,” kata Markum.

Sumber: www.viva.co.id

Exit mobile version