Jika Provinsi Tak Mampu, Akan Diambil Alih PUPR

Presiden Jokowi Saat Kunjungi Pasar Cepogo, Boyolali

Jumat, 5 Mei 2023 – 11:15 WIB

VIVA Nasional – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) hari ini meninjau jalan yang rusak di Lampung yang menjadi viral di media sosial. Jokowi meninjau jalan yang rusak di Lampung setelah mengunjungi pasar Natal di Lampung Selatan untuk mengecek tingkat i flasi di daerah tersebut.

“Ini melihat inflasi, kita melihat inflasi, melihat harga-harga tapi juga ingin melihat infrastruktur. Utamanya jalan. Karena ini menjadi kunci. Biaya logistik itu sangat tergantung baik tidaknya infrastruktur yang kita miliki,” kata Jokowi di Pasar Natar, Jumat 5 Mei 2023.

Gubernur Berbenah Urusi Jalan Rusak Sebelum Jokowi Kunjungi Lampung

Gubernur Berbenah Urusi Jalan Rusak Sebelum Jokowi Kunjungi Lampung

Photo :

  • Instagram @diskominfotik_lampung_tengah

Jokowi memerintahkan kepada Pemerintah Provinsi khususnya di daerah Lampung untuk segera memulai pembangunan pada jalan yang rusak. Apabila Pemerintah Provinsi ataupun pemerintah daerah tersebut tak memiliki kemampuan membangun jalan, maka pembangunan jalan akan diambilalih oleh Kementerian PUPR.

“Secepat-cepatnya dimulai, yang rusak, yang kira-kira provinsi tidak memiliki kemampuan, kemudian Kabupaten tidak memiliki kemampuan, ya akan diambil alih oleh kementerian PU. Utamanya yang jalannya rusak parah,” ujar Jokowi

Sebelumnya, dalam keterangannya di pusat perbelanjaan Sarinah, Jakarta, pada Kamis 4 Mei 2023 kemarin, Jokowi menyebut bahwa pembangunan infrastruktur jalan merupakan hal yang sangat penting karena akan mendukung arus mobilitas barang maupun orang.

“Begitu jalan rusak, apalagi jalan produksi, akan mengganggu yang namanya komoditas itu, mobilitas orang, mobilitas barang, biaya logistik akan naik sehingga barang itu tidak bisa bersaing dengan provinsi lain, daerah lain, atau negara lain,” jelas Presiden.

Halaman Selanjutnya

Untuk itu, dalam kunjungan kerja kali ini Kepala Negara ingin memastikan bahwa infrastruktur jalan di Provinsi Lampung dapat memberikan dampak yang baik bagi masyarakatnya.

img_title

Sumber: www.viva.co.id