Jokowi Resmikan AMN di Surabaya. Kepala BIN: Tempat Lahirnya Calon Pemimpin

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN)

Rabu, 30 November 2022 – 08:00 WIB

VIVA Nasional – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) di Jalan Jemur Andayani, Siwalankerto, Kecamatan Wonocolo, Kota Surabaya, Jawa Timur (Jatim). Peresmian AMN pertama ini sekaligus mendandai pencanangan pembangunan AMN di Makassar dan Manado. Total akan ada 6 AMN di seluruh Indonesia hingga 2024 nanti.

“Dengan mengucap bismillahirahmanirahim, pada sore hari ini saya resmikan Asrama Mahassiwa Nusantara Provinsi Jawa Timur serta pencanangan pembangunan Asrama Mahasiswa di Makassar dan Manado,” kata Jokowi di lokasi, dikutip Rabu, 30 November 2022.

Pembangunan AMN ini dicanangkan Jokowi pada 2021 melalui Perpres 106 Tahun 2021. Sejumlah lembaga dan kementerian dilibatkan dalam program ini, antara lain pemerintah provinsi, Kementerian PUPR, Kemendikbudristek,  Kemenpora, dan BIN sebagai katalisator. 

Jokowi mengatakan, Bangsa Indonesia sangat beragam suku, ras, agama. Keragaman itu harus menjadi kekuatan, bukan kelemahan. 

“Inilah pentingnya Asrama Mahasiswa Nusantara agar kita saling mengenal, saling mengetahui adat dan budaya masing-masing, dan menjadi rukun dan kompak. Artinya keberagaman itu yang menjadi kekuatan, bukan kelemahan. Hati-hati, keberangaman Indonesia adalah kekuatan, bukan kelemahan. Kalau kelemahan artinya gampang diadu-adu domba, nggak, ini adalah kekuatan,” kata Jokowi. 

Sebagai katalisator program AMN se-Indonesia, Kepala BIN Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan dalam sambutannya menjelaskan, AMN Surabaya dilengkapi dengan fasilitas, sarana, dan prasarana modern seperti ruang komunal, klinik kesehatan, hingga ruang server and security

Sumber: www.viva.co.id

Exit mobile version