Jokowi Targetkan Normalisasi Ciliwung Rampung 2024: Setelah Berhenti Agak Lama

Presiden Jokowi meninjau pembangunan normalisasi Kali Ciliwung di Pengadegan

Selasa, 21 Februari 2023 – 13:24 WIB

VIVA Nasional – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau perkembangan proyek normalisasi Kali Ciliwung di Jalan Inspeksi Ciliwung, Pengadegan, Jakarta Selatan, Selasa, 21 Februari 2023.

Jokowi menegaskan normalisasi Ciliwung akan kembali dilanjutkan setelah beberapa lama terhenti alias  mangkrak.

“Ini normalisasi Kali Ciliwung kira-kira tinggal 17 kilo (kilometer), setelah berhenti agak lama akan kita mulai,” kata Jokowi, Selasa, 21 Februari 2023.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan berhentinya normalisasi Ciliwung karena terkendala masalah lahan. Menurutnya, saat ini sudah ada beberapa titik yang dilakukan pembebasan lahan, misalnya di Rawajati, Jaksel. “Di Rawajati segera bisa dimulai konstruksinya, jadwalnya oleh Kementerian PU,” ujar Jokowi

Untuk normalisasi Kali Ciliwung di Pengadegan, kata Jokowi, akan mulai dilakukan pembayaran pembebasan lahan pada Rabu besok, sehingga pekerjaan konstruksi diharapkan dapat langsung berjalan.

Dia berharap normalisasi Kali Ciliwung yang tersisa 17 kilometer akan selesai pada akhir 2024. Menurut Presiden, normalisasi akan sangat mengurangi banjir.

Presiden Jokowi usai meninjau lokasi Sodetan Kali Ciliwung

Presiden Jokowi usai meninjau lokasi Sodetan Kali Ciliwung

Photo :

  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Halaman Selanjutnya

“Ini akan sangat mengurangi, sangat mengurangi banjir, karena air dari atas juga akan ditahan dari Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi. Ini baru Ciliwung, masih ada 12 sungai di DKI Jakarta yang juga memerlukan normalisasi,” ujarnya

img_title

Sumber: www.viva.co.id