Kapal Pengangkut 1.900 Ton Aspal Karam, Cemari Laut di Nias Utara

Kapal tanker pengangkut 1.900 ton aspal.

Rabu, 22 Februari 2023 – 21:18 WIB

VIVA Nasional – Kapal tanker pengangkut 1.900 ton aspal pecah lambung di perairan Kabupaten Nias Utara, Sumatera Utara, Sabtu 11 Februari 2023. Kapal berada 300 meter persis pantai, mengakibatkan laut jadi tercemar aspal itu.

“Aspal sudah mencemari (dengan luas) sekitar 70 Kilometer,” jelas Kepala Bidang Teknologi Komunikasi dan Informatika Dinas Kominfo Kabupaten Nias Utara, Syukur Zebua, kepada wartawan, Rabu, 22 Februari 2023.

Aspal terbawa ombak air laut hingga ke bibir pantai Desa Faekhuna’a Kecamatan Afulu, Kabupaten Nias Utara. Kapal sudah beberapa hari tidak berlayar itu, kemudian dilaporkan ke Pemerintah Kabupaten Nias Utara dan TNI AL setempat.

Setelah dilakukan pengecekan, kapal tersebut karam dan dilaporkan sudah tenggelam. Untuk diketuai, Kapal itu diketahui bernama MT AASHI.

“Kapal ini berbendera Gabon. Kapal yang memiliki panjang 101,9 meter dan lebar 16 meter itu, saat ini dilaporkan sudah tenggelam sebagian badannya,” sebut Syukur.

Berdasarkan laporan MT AASHI sudah berlayar dari Uni Emirat Arab sejak 19 Januari 2023 lalu. Rencananya, kapal akan bersandar ke Padang dan Sibolga untuk membongkar muatan aspal.

Ilustrasi aspal campuran

Ilustrasi aspal campuran

Photo :

  • Dokumentasi Kementerian PUPR.

Halaman Selanjutnya

“ABK-nya ada 20 orang. Sudah kita evakuasi dan ditempatkan di balai desa,” tutur Syukur.

img_title

Sumber: www.viva.co.id