Kapolri Buka Peluang Perpanjang One Way hingga Halim Jika Arus Balik 2023 Padat

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau arus mudik di GT Kalikangkung

Minggu, 23 April 2023 – 22:14 WIB

VIVA Nasional – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi padatnya kendaraan saat arus balik mudik Lebaran 2023. Diprediksi, puncak arus balik terjadi mulai 24-25 April 2023.

“Arus mudik 2023 adalah arus mudik dengan puncak mudik tertinggi sepanjang 2019 sampai 2022. Sehingga untuk arus baliknya juga menjadi arus balik tertinggi sehingga dilakukan langkah-langkah dan upaya untuk melakukan rekayasa khususnya dari jajaran kepolisian, untuk pengaturan baik di jalur tol atau jalur arteri,” kata Sigit dalam konferensi pers, Minggu, 23 April 2023. 

Suasana arus balik di Tol Semarang, Senin, 9 Mei 2022.

Suasana arus balik di Tol Semarang, Senin, 9 Mei 2022.

Photo :

  • Teguh Joko Sutrisno/ tvOne.

Rekayasa lalu lintas yang disiapkan antara lain, skema one way atau satu arah, contraflow hingga ganjil genap (gage). Sistem ganjil genap akan diterapkan jika terjadi kemacetan parah kendaraan saat arus balik berlangsung.

Sementara, untuk skema one way atau satu arah akan diberlakukan mulai dari Gerbang Tol Kalikangkung hingga Tol Cikampek Utama (Cikatama). Jika kemacetan makin meluas, maka one way akan diperpanjang hingga wilayah Bekasi bahkan sampai Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

“(One way) dari GT Kalikangkung sampai Tol Cikatama KM 70. Demikian juga apabila ternyata harus one way sampai mengarah wilayah Jakarta kami telah mempersiapkan mulai dari KM 70, KM 36 (Bekasi) bahkan sampai KM 3+5000 (Halim Perdanakusuma),” tuturnya.

“Kita persiapkan semua termasuk pengaturan contraflow disesuaikan dengan hitungan yang ada di Jasa Marga untuk pemantauan terkait dengan volume kepadatan lalu lintas,” sambung Sigit. 

Halaman Selanjutnya

Puncak Arus Balik Diprediksi Mulai 24-25 April 

img_title

Sumber: www.viva.co.id