Kata Hasto, Bali Bisa Dikembangkan Jadi Pusat Kebudayaan Indonesia dan Dunia

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto

Selasa, 28 Februari 2023 – 14:00 WIB

VIVA Nasional – Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar diharapkan terus menggali dan mengembangkan pendekatan akademis dan empiris dalam menyusun suatu strategi kebudayaan bagi Indonesia dan dunia. Sebab Bali telah membuktikan kehandalan sistem kebudayaannya bagi seluruh warga Indonesia. 

Demikian pandangan Doktor Ilmu Pertahanan, Universitas Pertahanan RI, Hasto Kristiyanto saat menyampaikan Orasi Ilmiah berjudul “Teguh Indonesia Berkepribadian,” di Kampus Institut Seni Indonesia, Denpasar, Selasa, 28 Februari 2023.

Menurut Hasto, Bali bisa menjadi pusat pengembangan kebudayaan Indonesia dan dapat ditransformasikan juga sebagai sumbangsih Indonesia bagi dunia.

“Dengan berbagai bukti otentik seperti peninggalan lontar, karya seni, tari-tarian, hingga kebudayaan Bali dalam pengertian luas, saya meyakini bahwa di Bali ini tercermin akar kebudayaan Nusantara, suatu identitas kebudayaan yang lahir dari hasil dialektika budaya nusantara dengan peradaban dunia,” sebut Hasto.

Pria asal Yogyakarta itu menyebut bahwa kebudayaan bisa menjadi modalitas yang sangat penting di dalam membangun kemajuan Indonesia Raya. Secara empiris hal ini telah dibuktikan di Jepang, Korea, Eropa, hingga Tiongkok. 

Hasto berharap mengharapkan agar seluruh kampus seni di Indonesia berkolaborasi dan menyatu menjadi ISI Indonesia yang kelak dapat menjadi wujud kepemimpinan di bidang seni budaya Indonesia secara global.

Halaman Selanjutnya

“Saya membayangkan nantinya sebagai bagian dari kepemimpinan Indonesia bagi dunia, suatu saat dapat dibangun pusat kebudayaan dan Institut Seni Indonesia di New York, Amerika Serikat, dan disitulah gambaran kepemimpinan Indonesia di dunia pada bidang seni budaya,” ucap Hasto.

Sumber: www.viva.co.id

Exit mobile version