Kerap Naik Moge, AKBP Achiruddin Ngaku Cuma Punya Rumah Senilai Rp 46 Juta

Perwira Polda Sumut, AKBP Achiruddin Hasibuan

Rabu, 26 April 2023 – 12:05 WIB

VIVA Nasional – Nama AKBP Achiruddin Hasibuan tengah menjadi perbincangan masyarakat, buntut kasus anaknya Aditya Hasibuan yang menganiaya seorang mahasiswa bernama Ken Admiral.

Tak luput, harta mantan Kabag Bin Opsnal di Ditnarkoba Polda Sumatera Utara (Sumut) itu pun disoroti, sebab kerap tampil hidup mewah dengan menunggani Harley Davidson hingga Rubicon. 

Penelusuran VIVA, justru dalam laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) milik Achiruddin di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), tidak tercatat kepemilikan 2 kendaraan mewah tersebut. 

Dikutip Rabu, 26 April 2023, dari https://elhkpn.kpk.go.id, tercatat bahwa harta kekayaan Achiruddin Hasibuan sebesar Rp 467.548.644. Total itu merujuk laporan pada tahun 2021, saat Achiruddin masih menjabat sebagai Kanit 1 Subdi 1 Dires Narkona Polda Sumut. 

Dirincikam, bahwa ia memiliki satu unit rumah di Medan Sumatera Utara seluas 566 m2 dengan nilai Rp46.330.000.

Diduga rumah mewah milik perwira Polda Sumut, AKBP Achiruddin Hasibuan

Diduga rumah mewah milik perwira Polda Sumut, AKBP Achiruddin Hasibuan

Kemudian mobil fortuner tahun 2006 dengan nilai ditaksir Rp370 juta. Selebihnya hanya memiliki harta berupa kas dan setara kas Rp51.218.644 serta tidak memiliki utang.

Halaman Selanjutnya

Kendati begitu dalam laporan kekayaan ini, tidak ada mencantumkan moge yang sering digunakannya. Begitu juga dengan Rubicon.

img_title

Sumber: www.viva.co.id