Kompolnas Minta Proses Pidana AKBP Achiruddin Jika Terbukti Todongkan Senjata

Perwira Polda Sumut, AKBP Achiruddin Hasibuan

Kamis, 27 April 2023 – 04:30 WIB

VIVA Nasional – Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) buka suara soal penganiayaan yang dilakukan anak eks Kabag Binops Ditresnarkoba Polda Sumatera Utara, AKBP Achiruddin Hasibuan. Anak dari Achiruddin, yaitu Aditya Hasibuan menganiaya Ken Admiral pada tahun 2022 lalu. Dalam video yang viral itu, diduga Achiruddin turut menodongkan senjata api kepada Ken.

Komisioner Kompolnas, Poengky Indarti sangat prihatin terhadap penganiayaan yang dilakukan kepada Ken.

“Sebelumnya diduga juga terjadi pengeroyokan oleh anak perwira menengah tersebut bersama beberapa kawannya yang mengakibatkan mobil korban rusak, dan ketika korban meminta ganti rugi ke rumah pelaku, ayah pelaku diduga menodongkan senjata api laras panjang ke korban,” kata Poengky saat dihubungi, Rabu, 26 April 2023.

Anggota Kompolnas Poengky Indarti

Anggota Kompolnas Poengky Indarti

Atas dasar itu, Poengky meminta tim penyidik agar mendalami pihak-pihak yang tidak mencegah penganiayaan terjadi. Kemudian, jika Achiruddin terbukti benar melakukan penodongan senjata api, Poengky meminta agar polisi memprosesnya secara pidana.

“Jika benar demikian, maka ayah tersangka yang merupakan anggota Polri perlu diproses pidana dan diperiksa terkait dugaan pelanggaran kode etik,” kata Poengky.

Kemudian, Poengky juga meminta agar Achiruddin dilakukan Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) jika terbukti melalukan tindak pidana. 

Halaman Selanjutnya

“Jika benar maka yang bersangkutan perlu juga diproses pidana pengancaman dan penyalahgunaan senpi dengan demikian maka yang bersangkutan diduga melakukan pelanggaran etik berat dan layak dipecat,” ucapnya. 

img_title

Sumber: www.viva.co.id