Kondisi Terkini Kapolda Jambi Irjen Rusdi, Alami Luka Berat

Tim SAR gabungan jalur darat mengevakuasi rombongan Kapolda Jambi

Selasa, 21 Februari 2023 – 00:00 WIB

VIVA Nasional – Kondisi Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono cukup parah dibanding rombongan lainnya dalam insiden pendaratan darurat helikopter di Kabupaten Kerinci. Irjen Rusdi dan rombongan kini tengah dalam proses evakuasi.

“Pak Kapolda mengalami luka yang cukup berat dibanding yang lainnya,” kata Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri pada Senin, 20 Februari 2023.

Menurut dia, proses evakuasi dilakukan oleh tim gabungan baik Brimob Polda Jambi, Tim SAR serta TNI. Selanjutnya, tim kedoktean saat ini sedang melakukan perawatan terhadap Kapolda Jambi dan rombongan lainnya.

“2 dari kedokteran kepolisian, saat ini tim kedokteran kepolisian sedang melaksanakan perawatan medis atau memberi pertolongan pertama pada korban, khususnya Pak Kapolda,” jelas dia.

Dedi mengatakan proses evakuasi diutamakan melalui jalur udara. Alasannya, karena dianggap paling efektif dan efisien untuk mempercepat proses evakuasi korban. 

Adapun jika menempuh jalur darat, maka waktu tempuh dari Kerinci maupun Merangin itu sangat panjang hampir sekitar 12 jam.

Halaman Selanjutnya

“Itu pun belum membawa perbekalan, kalau tidak bawa perbekalan akan lebih lama lagi untuk bisa mencapai titik. Karena lokasi tempat mendaratnya heli darurat itu adalah berupa tebing yang terjal,” jelasnya.

img_title

Sumber: www.viva.co.id