Ledakan Petasan Maut Blitar Diduga karena Rokok, Polisi: Masih Kita Pastikan

Ledakan petasan menghancurkan puluhan rumah di Blitar, Jawa Timur

Selasa, 21 Februari 2023 – 21:09 WIB

VIVA Nasional – Kepolisian Daerah Jawa Timur telah melakukan uji laboratorium terhadap sejumlah bukti di Tempat Kejadian Perkara untuk mengetahui penyebab ledakan di rumah tempat produksi petasan di Dusun Tegalrejo, Ponggok, Kabupaten Blitar, Minggu, 19 Februari 2023, malam. Peristiwa memilukan itu merenggut nyawa empat orang.

Kepala Bidang Laboratorium Forensik Polda Jatim Komisaris Besar Polisi Sodiq Pratomo mengakui timnya menemukan puntung rokok di TKP. Namun, masih belum diketahui puntung rokok tersebut milik korban atau bukan. 

“Masih kita pastikan,” katanya kepada wartawan di Surabaya, Jawa Timur, pada Selasa, 21 Februari 2023.

Dia mengatakan selain puntung rokok, di lokasi ditemukan menemukan beberapa barang bukti, di antaranya tiga panci berukuran 5 kilogram, wajan berukuran 5 kilogram. Selain itu, ada pecahan logam, dan bahan peledak yang masih asli berbentuk belerang. “Mungkin ada proses pembuatan di sana. Belum kita temukan bahan yang lain,” lanjut Sodiq.

Panci dan wajan itu diperkirakan mampu memuat bahan peledak sekira 15-20 kilogram. Namun, itu masih didalami karena semua bahan peledak sudah terbakar. 

Menurut Sodiq, ledakan yang terjadi berdaya rendah atau low explosive. “Bahan isian mercon atau bahan isian bondet,” ujar Sodiq.

Halaman Selanjutnya

Sebelumnya, ledakan hebat terjadi di Dusun Tegalrejo, Desa Karangbendo, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, pada Minggu malam, 19 Februari 2023. Ledakan itu diduga akibat timbunan bubuk petasan. Data sementara, empat orang tewas akibat peristiwa itu dan puluhan rumah rusak.

img_title

Sumber: www.viva.co.id