LPSK Kabulkan Permohonan Perpanjangan Perlindungan Terhadap Richard Eliezer

Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Edwin Partogi

Jumat, 17 Februari 2023 – 17:44 WIB

VIVA Nasional – Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban atau LPSK, mengabulkan permintaan pihak Bharada Richard Eliezer, yang mengajukan perpanjangan perlindungan sebagai justice collaborator (JC).

Wakil Ketua LPSK, Edwin Partogi, mengatakan masa perlindungan Richard Eliezer sebagai justice collaborator sedianya sudah berakhir pada 15 Februari 2023 ini. 

“Jadi, Richard Eliezer itu sudah 6 bulan dalam perlindungan LPSK sejak tanggal 15 Agustus 2022. Sudah habis juga 6 bulan pertamanya di bulan Februari ini. Kemudian, Richard sudah mengajukan permohonan perpanjangan perlindungan kepada LPSK dan sudah dikabulkan oleh pimpinan,” kata Edwin dalam konferensi pers, Jumat, 17 Februari 2023.

Ekspresi Bharada Richard Eliezer Usai Vonis

Ekspresi Bharada Richard Eliezer Usai Vonis

Dengan begitu, LPSK tetap akan terlibat untuk memberikan perlindungan terhadap Richard Eliezer.

“Sehingga dalam 6 bulan ke depan, Richard Eliezer masih dalam perlindungan LPSK,” sambungnya.

Edwin menambahkan, Richard Eliezer juga akan menerima perlindungan begitu dipindahkan dari rumah tahanan (rutan) Bareskrim Polri ke Lembaga Permasyarakatan (Lapas). Ada beberapa jenis perlindungan yang akan diterima Richard Eliezer.

Halaman Selanjutnya

“Ada perlindungan fisik artinya ada petugas LPSK yang berada di dekat Richard Eliezer di dalam sel. Kemudian ada pemenuhan psikososial, kami membantu Richard untuk menjaga spiritualnya dalam menjalani proses pemidanaannya. Termasuk memastikan kesehatan medis dan psikologisnya,” jelas Edwin.

img_title

Sumber: www.viva.co.id