Mahfud MD Sebut Kondisi Papua Lebih Tenang Pasca Lukas Enembe Ditangkap

Menkopolhukam RI Mahfud MD

Selasa, 21 Februari 2023 – 19:32 WIB

VIVA Nasional – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan situasi di Papua semakin tenang setelah Lukas Enembe ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“(Penangkapan) Lukas Enembe itu malah membuat Papua tenang,” kata Mahfud kepada wartawan di Kantor Kemenko Polhukam, Selasa, 21 Februari 2023.

Gubernur nonaktif Papua, Lukas Enembe dibawa ke Gedung Merah Putih KPK.

Gubernur nonaktif Papua, Lukas Enembe dibawa ke Gedung Merah Putih KPK.

Mahfud memaparkan, demo kerap terjadi sebelum Lukas Enembe ditangkap. Namun, situasi Papua perlahan menjadi tenang, terlebih setelah pemerintah membekukan rekening Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua.

“Ketika mau ditangkap dulu itu selalu demo, begitu ditangkap betul selesai sekarang. Tidak ada lagi demonya dan uangnya kita freeze. Uang tidak boleh keluar hingga ada kejelasan, sehingga biaya demo dan sebagainya tidak ada lagi,” tuturnya.

Dia menegaskan Papua sudah kondusif sekarang. “Papua sekarang tenang, lihat deh Papua,” pungkas Mahfud. 

Seperti diketahui, Lukas Enembe dibekuk penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait dengan kasus dugaan suap dan gratifikasi di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua. 

Halaman Selanjutnya

Kasus yang menjerat Lukas itu bermula ketika Direktur PT Tabi Bangun Papua Rijatono Lakka mengikutsertakan perusahaannya untuk mengikuti beberapa proyek pengadaan infrastruktur di Papua pada 2019 sampai dengan 2021. Padahal, korporasi itu bergerak di bidang farmasi.

img_title

Sumber: www.viva.co.id