Manajemen Sebut Tidak Ada Unsur Kesengajaan Dalam Kebakaran Malang Plaza

Kondisi Gedung Malang Plaza pascakebakaran.

Kamis, 4 Mei 2023 – 11:42 WIB

VIVA Nasional – Manajemen Malang Plaza angkat bicara terkait kebakaran hebat yang menghabiskan gedung 3 lantai di Jalan Agus Salim, Kota Malang, Jawa Timur itu. Kebakaran terjadi pada Selasa, 2 Mei 2023, sekira pukul 00.30 WIB. 

Melalui kuasa hukumnya yakni Solehoddin, pihak manajemen menegaskan tidak ada unsur kesengajaan dalam kebakaran ini. Mereka mewakili seluruh manajemen Malang Plaza meminta maaf kepada seluruh korban kebakaran. 

“Kejadian yang menimpa Malang Plaza itu menurut kami, dari versi kami merupakan force majeure. Tidak ada unsur kesengajaan terkait kebakaran itu,” kata Solehudin, Kamis, 4 Mei 2023.

Solehudin mengungkapkan, dalam klausul kerja sama antara manajemen dan pemilik stan sudah dijelaskan. Di antaranya berbunyi, jika sudah force majeure maka tidak ada tanggung jawab yang harus dilakukan oleh pihak manajemen kepada korban atau pemilik stan yang terdampak kebakaran. 

Kondisi Gedung Malang Plaza pascakebakaran.

Kondisi Gedung Malang Plaza pascakebakaran.

Photo :

  • VIVA.co.id/ Uki Rama (Malang)

“Pasal 7 sudah dijelaskan dalam perjanjian itu. Tidak menutup kemungkinan juga pihak tenan melakukan upaya hukum atau seperti apa. Tapi saya harap tidak terjadi apa-apa dan bisa selesai dengan damai,” ujar Solehudin. 

Dia mengungkapkan, setidaknya ada 150 outlet atau tenan yang berada di Malang Plaza. Soal total kerugian, belum bisa menghitung secara pasti. Sampai saat ini manajemen juga menunggu hasil penyelidikan Labfor Polda Jatim untuk mengetahui penyebab kebakaran termasuk sumber api pertama kali muncul.

Halaman Selanjutnya

“Kami menghormati proses yang berlangsung, seperti tadi ada tim Labfor dari Polda Jatim untuk menyelidiki, melakukan pengumpulan bukti bukti timbulnya kebakaran,” ujar Solehudin.

img_title

Sumber: www.viva.co.id