NTB Masuk Peralihan Musim Hujan ke Kemarau, BMKG: Waspada Cuaca Ekstrem

NTB memasuki peralihan musim hujan ke musim kemarau.

Senin, 1 Mei 2023 – 21:36 WIB

VIVA Nasional – Nusa Tenggara Barat (NTB) saat ini memasuki peralihan musim hujan ke musim kemarau. Meskipun masuk dalam peralihan musim, namun hujan lebat bisa saja terjadi sewaktu-waktu.

Prakirawan BMKG Stasiun Klimatologi NTB, Yuhanna Maurits dan Suci Agustiarini, meminta masyarakat mewaspadai cuaca ekstrem yang dapat terjadi.

“Masyarakat juga diimbau untuk mewaspadai potensi terjadinya cuaca ekstrem yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari,” katanya, Senin, 1 Mei 2023.

Potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir, angin kencang dan tanah longsor juga berpotensi terjadi saat peralihan musim, sehingga masyarakat perlu mewaspadainya.

Waspada Cuaca Ekstrem

Waspada Cuaca Ekstrem

Photo :

  • ANTARA FOTO/Idhad Zakaria

BMKG juga menyarankan bagi petani untuk segera memanfaatkan air hujan terakhir di musim ini dengan mengisi waduk atau embung untuk perairan di musim kemarau.

Dia menjelaskan, kondisi terkini iklim NTB saat ini curah hujan pada dasarian III April 2023 umumnya dalam kategori rendah (0 – 50 mm/das) yang terjadi hampir di seluruh wilayah NTB, kecuali wilayah Lombok Barat bagian utara, sebagian besar Lombok Tengah, dan Lombok Utara bagian barat yang mengalami hujan dengan kategori menengah (51 – 150 mm/das) hingga tinggi (151 – 200 mm/das).

Halaman Selanjutnya

“Curah hujan tertinggi tercatat terjadi di Pos Hujan Darek, Kabupaten Lombok Tengah sebesar 183 mm/dasarian,” ujarnya.

img_title

Sumber: www.viva.co.id