Pegawai ATR/BPN Kabupaten Malang Kena OTT Satgas Mafia Tanah

Kasatreskrim Polresta Malang Kota Kompol Bayu Febrianto.

Rabu, 22 Februari 2023 – 16:36 WIB

VIVA Nasional – Satgas Mafia Tanah menangkap seorang pegawai kantor Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Malang berinisial W dalam operasi tangkap tangan. OTT ini dilakukan di kantor ATR/BPN Kabupaten Malang yang terletak di Jalan Kawi, Kota Malang.

Kasatreskrim Polresta Malang Kota Kompol Bayu Febrianto membenarkan kabar penangkapan itu. Dia mengungkapkan, bahwa OTT dilakukan pada Senin, 20 Februari 2023 sekitar pukul 12.00 WIB.

“Iya benar ada penangkapan salah satu oknum pegawai kantor ATR/BPN Kabupaten Malang. OTT dilakukan sekitar pukul 11 atau 12 siangan di kantor ATR/BPN Kabupaten Malang,” kata Bayu, Rabu, 22 Februari 2023.

Bayu menuturkan, bahwa Satgas Mafia Tanah melakukan OTT berdasarkan laporan dari masyarakat. Korban yang melaporkan mengaku sedang mengurus Sertifikat Hak Guna Bangunan. Namun pengurusan itu tidak kunjung selesai selama hampir 6 bulan.

Sertifikat tanda bukti hak tanah atau rumah

Sertifikat tanda bukti hak tanah atau rumah

“Ada laporan dari masyarakat yaitu terkait pemerasan, korban mengaku sedang mengurus SHGB di kantor tersebut, namun tidak kunjung selesai sekitar 6 bulan,” ujar Bayu.

Hasil pengakuan dari korban, bahwa oknum pegawai ATR/BPN Kabupaten Malang meminta uang Rp85 juta agar berkasnya segera diproses cepat. Dari tangan W polisi mengamankan barang bukti sebesar Rp40 juta saat OTT dilakukan.

Halaman Selanjutnya

“Namun saat korban datang untuk menagih berkas tersebut malah dimintai uang yang nominalnya tidak masuk akal, yaitu Rp 85 juta, katanya agar lebih cepat ngurusnya. Barang bukti yang kita amankan sebesar Rp 40 juta,” tutur Bayu.

img_title

Sumber: www.viva.co.id