Pemuda di Kalbar Diajari Penanaman Hidroponik, Biar Jadi Petani Milenial

Pemuda di Kalbar diberi pelatihan penanaman hidroponik

Jumat, 5 Mei 2023 – 23:00 WIB

VIVA Nasional – Sukarelawan Ganjar Milenial Center (GMC) terus berkomitmen memberdayakan 
para pemuda dan pemudi di beberapa daerah di Indonesia. Tujuannya ialah pemuda semakin berkreasi dan memberikan manfaat dan dampak positif di lingkungan tempat mereka tinggal.

Kali ini, GMC Kalimantan Barat menggelar pelatihan penanaman dengan teknik hidroponik bertema Pelatihan Petani Milenial di Desa Sungai Segak, Kecamatan Sebangki, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat, pada Jumat, 5 Mei 2023.

GMC menggandeng Himpunan Mahasiswa Agraria (Himagri) UNU Kalbar dan Gerakan Pemuda Sui Segak Ika Ta’lim Tanjung Pandan dalam menggelar kegiatan ini.

Koordinator Wilayah (Korwil) GMC Kalbar Nuryahdi menyatakan, pihaknya menghelat pelatihan tersebut agar para pemuda di desa ini bisa berkontribusi bagi lingkungan di sekitarnya, dengan memaksimalkan lahan yang sederhana untuk menanam sayur-sayuran.

“Kami menggelar pelatihan petani milenial. Ada praktik penanaman simpel hidroponik. Tujuan kami supaya adik-adik di sini bisa mandiri memanfaatkan lahan yang sederhana sehingga bisa membuahkan hasil yang besar,” ungkapnya di sela-sela pelatihan ini.

Menurut Nuryahdi, para milenial mulai bisa perlahan meninggalkan cara konvensional seperti bertani di sawah dengan beralih ke teknik hidroponik. Dengan adanya pelatihan tersebut, pengetahuan dan wawasan pemuda tentang hidroponik juga bertambah.

Halaman Selanjutnya

“Selama ini, cara lama digunakan untuk bertani itu di sawah. Dengan adanya pelatihan ini, wawasan dan ilmu para pemuda di sini bertambah tentang cara menanam hidroponik yang sederhana barang bekas di sekitar kita seperti styrofoam dan lain-lain,” ujarnya.

img_title

Sumber: www.viva.co.id