Penjelasan Loka POM soal Presiden Jokowi Nyaris Santap Makanan Berformalin di Labuan Bajo

Loka POM Manggarai Barat sedang melakukan pemeriksaan makanan.

Selasa, 25 April 2023 – 17:28 WIB

VIVA Nasional – Presiden Joko Widodo berada di Labuan Bajo Manggarai Barat Nusa Tenggara Timur sejak Sabtu 22 April 2023. Kedatangan Kepala Negara selain untuk mengisi liburan Idul Fitri 1444 H bersama keluarga sekaligus meninjau beberapa tempat pelaksanaan KTT ASEAN.

Seperti diberitakan, Presiden Jokowi menunjuk Labuan Bajo sebagai tempat penyelenggaraan ASEAN Summit ke-42 pada 9-11 Mei 2023 mendatang.

Bersama kedua cucunya, Jan Ethes dan La Lembah Manah, serta putra-putranya yakni Gibran Rakabuming Raka beserta istri, Selvi Ananda, dan Kaesang Pangarep beserta istri, Erina Gudono menikmati keindahan destinasi Gua Batu Cermin dan berlayar menggunakan kapal pinisi ke Pulau Komodo,Pink Beach, Pulau Rinca dan Pulau Padar.

Namun dalam kunjungan kali ini Presiden nyaris saja menyantap makanan mengandung formalin. Itu terjadi di salah satu tempat di Labuan Bajo.

Presiden Jokowi dan keluarga.

Presiden Jokowi dan keluarga.

Photo :

  • Biro Pers Sekretariat Presiden.

Kepala Loka POM Manggarai Barat, Andirusmin Nuryadin membenarkan peristiwa itu. Sampel makanan berformalin ditemukan oleh petugas Loka POM gabungan 3 jam sebelum jadwal makan Presiden.

“Ditemukan tiga jam sebelum jam makan Bapak Presiden sehingga bahan yang mengandung formalin itu dipisahkan. Hanya satu sampel itu yang mengandung formalin, selain itu semuanya aman sampai Bapak pulang hari ini,” ujar Andirusmin Nuryadin kepada VIVA, Selasa 25 April 2023.

Halaman Selanjutnya

Nuryadin pun merahasiakan tempat kejadian dan jenis bahan yang mengandung formalin tersebut.  “Ini kami tidak bisa share,” tolak Nuryadin.

img_title

Sumber: www.viva.co.id