Pesawat Batik Air Rute Ternate-Jakarta Gagal Terbang Gara-gara Kaca Kokpit Retak

Pesawat Batik Air

Minggu, 7 Mei 2023 – 23:00 WIB

VIVA Nasional – Pesawat Batik Air rute Ternate-Jakarta menunda keberangkatan gegara kaca kokpit mengalami retak. Pesawat dengan nomor penerbangan nomor ID-6141 itu mengalihkan penumpangnya ke pesawat lain setelah para penumpang menunggu selama 7 jam.

Kejadian itu terjadi setelah pesawat tersebut berhasil mendarat di Bandara Sultan Babullah Ternate pada, Minggu 7 Mei 2023 pagi dari Jakarta dengan membawa ratusan penumpang.

Pesawat tersebut semestinya terbang pukul 09.00 WIT dari Bandar Udara Sultan Babullah, Ternate, Maluku Utara pada Minggu 7 Mei 2023. Namun karena insiden itu, kini harus terparkir di apron.

Pesawat Batik Air

Pesawat Batik Air

Photo :

  • VIVA/Syarifuddin Nasution (Jambi)

Corporate Communications Strategic Batik Air, Danang Mandala Prihantoro menuturkan, masalah yang terjadi ditemukan Lion Air Group dari BTV. Informasi menyebutkan bahwa teknisi dan pilot menemukan dengan teliti  adanya potensi, indikasi keretakan pada kaca kokpit bagian luar sebelah kiri di pesawat Boeing 737-800NG.

“Teknisi dan pilot dengan teliti menemukan adanya potensi (indikasi) keretakan pada kaca kokpit bagian luar sebelah kiri,” kata Danang Mandala Prihantoro dalam keterangannya, Minggu 7 Mei 2023.

Danang menjelaskan bahwa indikasi keretakan kaca pesawat itu setelah dilakukan pemeriksaan sebelum pemberangkatan. Teknisi dan pilot langsung mengatasi permasalahan tersebut.

Halaman Selanjutnya

Mengingat pentingnya menjaga keamanan penerbangan, indikasi keretakan tersebut segera ditangani sehingga pesawat harus diparkir. Danang menyebut, langkah itu diambil pihak Lion Air Group guna menujukkan ketaatan dan komitmen yang tinggi terhadap keselamatan penerbangan.

img_title

Sumber: www.viva.co.id