Polri Gandeng Tokoh Gereja Setempat Bantu Pembebasan Pilot Susi Air

VIVA Militer: Pilot Susi Air Capt. Philips disandera OPM Papua

Minggu, 19 Februari 2023 – 23:20 WIB

VIVA Nasional – Pihak Kepolisian mengaku sampai saat ini upaya pembebasan pilot Susi Air yang disandera oleh Organisasi Papua Merdeka (OPM), Capten Philip Mark Mehrtens, masih terus dilakukan dengan koordinasi bersama sejumlah pihak terkait lainnya.

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Kadiv Humas) Polri, Irjen Pol. Dedi Prasetyo memastikan, langkah komunikasi beserta upaya negosiasi juga masih terus dilakukan pihaknya, dengan turut menggandeng elemen-elemen masyarakat.

“Saat ini tim gabungan TNI-Polri masih berkomunikasi. Tapi negosiasi terus dilakukan, yang pertama itu yang melibatkan tokoh agama dan tokoh gereja setempat untuk berkomunkasi dengan KKB,” kata Dedi di kawasan GBK Senayan, Jakarta, Minggu, 19 Februari 2023.

Pesawat Susi Air dibakar kelompok KKB, Polisi olah TKP

Pesawat Susi Air dibakar kelompok KKB, Polisi olah TKP

Dedi menegaskan, upaya negosiasi ini akan dilakukan sambil terus melihat perkembangan lebih lanjut di lapangan. Namun, apabila sampai waktu yang ditentukan nanti masih belum ada titik temu atas situasi yang terjadi, maka langkah penegakan hukum terpaksa harus dilakukan.

“Menunggu situasi lebih lanjut. Apabila terjadi kebuntuan, maka upaya terakhir adalah penegakkan hukum,” ujarnya. 

Diketahui, beberapa waktu lalu media sosial sempat diramaikan oleh foto-foto dan video soal kondisi pilot Susi Air, Capten Philip Mark Mehrtens, yang disandera oleh Organisasi Papua Merdeka (OPM). Dikutip dari tvOnenews.com, Kabidhumas Polda Papua, Kombes Pol. Ignasius Benny, mengonfirmasi soal kebenaran dari foto-foto dan video yang beredar di media sosial tersebut.

Halaman Selanjutnya

“Benar foto dan video tersebut diduga saat insiden pembakaran pesawat susi air di paro,” kata Benny, dikutip dari tvOnenews.com, Selasa, 14 Februari 2023.

img_title

Sumber: www.viva.co.id